Hair Tonic Superman, Seledri dan Lidah Mertua Pencegah Rambut Rontok


Hair Tonic SUPERMAN, Seledri (Apium graveolens linn) dan Lidah Mertua (Sanseviera trifasciata prain)  Untuk Perawatan Rambut Anti Rontok

Rambut merupakan bagian tubuh yang memiliki peran penting, baik bagi pria maupun wanita. Selain sebagai daya tarik, rambut dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Rambut dapat rusak apabila terus-menerus berada di lingkungan dengan suhu terlalu panas atau dingin, berpolusi, dan terpapar sinar ultraviolet.

Banyaknya produk kosmetik yang mengandung berbagai macam bahan kimia bukanlah solusi yang tepat, justru menambah potensi kerusakan rambut. Terlebih proses kimia seperti blowdry, bleaching, pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan rambut juga dapat menyebabkan rambut rusak. Rambut yang rusak akan memunculkan beberapa gejala, yakni rambut menjadi sangat kering sehingga berakibat pada kerontokan rambut.

Tranggono (2007:36) menjelaskan “Rambut rontok merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia selama rambut rontok tersebut terjadi berkisar 40-100 helai setiap harinya”. Namun, apabila rambut rontok lebih dari 100 helai per hari dan terjadi terus-menerus, maka hal tersebut merupakan ciri rambut tidak sehat (Ide, 2011:4). Jika sudah terjadi hal demikian, seharusnya rambut rontok membutuhkan perhatian lebih. Sebab, jika tidak segera diatasi, akan berakibat kebotakan.

Salah satu solusi untuk mengurangi kerontokan rambut yaitu dengan penggunaan Hair Tonic. Namun, Hair Tonic yang ada di pasaran saat ini kebanyakan merupakan produk sintetis yang mengandung bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia tersebut terkadang dapat menimbulkan efek samping seperti gatal, ruam kemerahan, ketombe, alergi kulit, sakit kepala, dan lain-lain.

Maka dari itu, melalui ajang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), tim Hair Tonic SUPERMAN yang beranggotakan Sofie Astri Risanty, Nabila Raynanda, Annis Syahri Habibillah, Arum Rohana di bawah bimbingan oleh Dr. H. Nurjazuli, SKM, M. Kes. yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) membuat inovasi baru untuk dunia kesehatan dengan mengkombinasikan bahan alami yaitu lidah mertua (Sanseviera trifasciata prain) dan seledri (Apium graveolens linn) yang melimpah di Kota Semarang.


Pemanfaatan daun lidah mertua (Sanseviera trifasciata prain) dan seledri (Apium graveolens linn) sebagai produk Hair Tonic untuk mengurangi rambut rontok dengan kemasan portable-spray yang efisien dan mudah dibawa merupakan produk yang kreatif dan inovatif.

Dalam buku Tanaman Hias Berkhasiat Obat dikatakan bahwa lidah mertua mengandung senyawa abamageum yang berkhasiat sebagai penyubur rambut. Sedangkan seledri merupakan jenis sayuran yang mudah dijumpai. Di balik kemampuannya membuat cita rasa makanan lebih sedap, seledri ternyata berkhasiat sebagai penumbuh rambut, membuat rambut terlihat lebih hitam, dan mencegah kerontokan rambut. Natrium, vitamin A dan B, kalsium, dan zat besi adalah beberapa kandungan yang terdapat pada seledri. Kandungan nutrisi pada seledri inilah membuat seledri dikenal mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga rambut tetap sehat berkilau. Khasiat bahan alami tersebut telah dibuktikan dalam penelitian (Nurjanah & Mariah Krisnawati, 2014).

Penamaan Hair Tonic SUPERMAN memiliki maksud tertentu, yakni seledri dan lidah mertua untuk perawatan rambut anti rontok. SUPERMAN merupakan tokoh superhero yang dikenal karena kekuatannya, maka Hair Tonic ini diharapkan dapat sekaligus memperbaiki dan memperkuat rambut sehingga rambut rontok dapat berkurang.

Hair Tonic SUPERMAN ditawarkan dengan kemasan portable-spray isi 60 ml yang efisien, sehingga tidak sulit untuk dibawa saat berpergian. Dengan harga terjangkau, produk ini dapat diperoleh melalui akun WA (0895388597158), Instagram @superman.hairtonic, OA line @yno0579l, atau www.tokopedia.com/supermantonic.