CD CAT ULAT, Cream Daun Cabe Rawit Anti Bisul dan Jerawat


Indonesia merupakan negara agraris sehingga banyak sekali tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di tanah Indonesia, salah satunya adalah tanaman cabe rawit. Produksi cabe rawit sendiri selalu meningkat, seperti pada tahun 2015 yang mencapai 134.869/ton. Khususnya di daerah Jawa Tengah produksinya juga sangat tinggi yaitu mencapai 20.327/ton. Dan untuk persebaran pertumbuhannya juga banyak ditemui di daerah Semarang Jawa Tengah.

Namun, sangat disayangkan dengan tingkat produksi yang tinggi, masyarakat hanya memanfaatkan buah cabenya saja. Belum ada yang memanfaatkan daun cabe rawit.

Hal ini mendorong tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Undip untuk menciptakan “CD CAT ULAT” (Cream Daun Cabe Rawit Anti Bisul dan Jerawat) yang dapat mengatasi bisul dan jerawat.

Tim yang terdiri dari 4 mahasiswi Undip yakni Chaca Ramadhani, Feby Kumala Sari, Annisa Fadillah dan Syifa Shidqi Putri memanfaatkan daun cabe rawit yang masih belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Ketua Tim, Chaca Ramadhani menjelaskan, bahwa pada zaman sekarang ini pemanfaatan daun cabe rawit masih belum marak dilakukan. Banyak dari kalangan masyarakat hanya memanfaatkan buah cabenya untuk bahan masak dan sebagainya.

Padahal sudah ada penelitian yang menjelaskan bahwa daun cabe rawit itu memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder yaitu Saponin dan Tannin yang dapat membunuh mikroba penyebab bisul dan jerawat. Selain itu daun cabe rawit juga mengandung senyawa Plavanoid yang dapat menggantikan sel kulit rusak akibat mikroba dengan sel baru.

Keunggulan dari CD CAT ULAT ini adalah suatu produk cream yang masih langka diproduksi karena berasal dari daun cabe rawit. CD CAT ULAT juga memiliki aroma yang wangi, berkhasiat dan harganya terjangkau sehingga layak dipasarkan. Kemasan yang praktis mudah dibawa kemana-mana juga merupakan salah satu daya tarik dari produk ini.

CD CAT ULAT merupakan solusi obat untuk yang memiliki bisul dan jerawat. Sasaran pemasaran dari produk ini adalah semua kalangan masyarakat.