Mengenal PIKACHU BUGAR, Snack Sehat Berbahan Dasar Pangan Lokal


Ketika mendengar kata PIKACHU BUGAR apa yang terlintas dipikiran teman-teman tentang kata tersebut? Apakah teman-teman berpikir bahwa PIKACHU BUGAR salah satu jenis pokemon yang sehat bugar? Atau ada fikiran yang lain yang terlintas selain salah satu jenis pokemon yang kuning lucu itu?

Well langsung ke point nya aja, Pai Mocaf  Fla Kacang Hijau Buah Segar itulah PIKACHU BUGAR. Pasti pada mikir darimana datengnya kata PIKACHU kalau kata BUGAR sih udah jelas. Yaudahlah ya tidak perlu pusing-pusing memikirkannya, percayalah  itu hanya segelintir permainan kata saja.

PIKACHU BUGAR ini sendiri merupakan salah satu dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Diponegoro (Undip) yang beranggotakan 5 orang diantaranya Annisa Khaira (Ilmu Gizi 2014/Ketua), Anis Septianis (Ilmu Gizi 2014/anggota), Devita Amelia (Teknik Kimia 2013/anggota), Estillyta Chairunnisa (Ilmu Gizi 2014/anggota) dan Suryawati (Ilmu Gizi 2015/anggota). PKM-K ini bertujuan memanfaatkan tepung mocaf menjadi bahan untuk makanan cemilan yang sehat dan bergizi. Cemilan enak dan bergizi ini dalam bentuk Pai.

Kenapa harus dengan tepung mocaf? Kenapa tidak dengan tepung terigu saja? Sebelumnya apakah teman-teman tahu apa tepung mocaf itu?

Tepung mocaf merupakan modifikasi tepung singkong dan diproses tanpa bahan pengawet, bahkan mengalami nilai kandungan gizi tinggi dibandingkan jenis tepung lainnya, seperti kandungan serat. Tepung mocaf juga tidak mengandung gluten (gluten free) yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak autis dan juga baik untuk penderita diabetes karena gangguan pada organ pankreas yang tidak dapat mencerna gula dengan baik, dan dapat juga membantu proses pencernaan tersebut. So, tepung mocaf dapat dikonsumsi oleh siapapun.

Akan tetapi tepung Mocaf merupakan tepung yang mempunyai protein cukup rendah yaitu sebesar 1,1%, sehingga perlu fortifikasi untuk meningkatkan protein. Salah satu upaya dalam meningkatkan protein adalah dengan penambahan kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan proteinnya cukup tinggi dan juga merupakan sumber vitamin B1, B2, dan niasin. Kacang hijau juga kaya akan mineral penting seperti kalsium, fosfor, kalsium serta karotin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Oleh karena itu, digagaslah sebuah inovasi produk makanan ringan sebagai camilan/kudapan yaitu Pai yang tepungnya berasal dari tepung mocaf dicampur dengan tepung terigu. Yang mana Pai ini ditambahkan fla kacang hijau buah segar untuk membuat Pai nya menjadi lebih enak dan lebih bergizi. Produk ini diberi merk “PIKACHU BUGAR” enak di lidah nyaman di perut.


Dengan demikian, Pai ini diyakini akan memiliki keunggulan produk yang enak, berkhasiat, yang baik untuk dikonsumsi buat anak-anak, orang dewasa bahkan yang ingin menjaga berat badah selain itu rendah gluten dan murah lagi. Sehingga layak dipasarkan dan menjadi icon baru cemilan/kudapan yang sehat dan bergizi. Yang mana produk PIKACHU BUGAR ini dibuat dibawah pengawasaan anak Ilmu Gizi yang pastinya keamanan, kebersihan dan nilai gizinya terjaga.

Dan jika masih penasaran tentang semua yang berkaitan dengan “PIKACHU BUGAR” berikut terlampir pamflet untuk informasi lebih lanjt serta informasi nilai gizi per satu buah Pai.