Efisiensi Waktu Layanan TPKS, Mahasiswa Undip Kembangkan Lean Strategy


Indonesia merupakan negara maritim, saat ini pemerintah tengah mengembangkan upaya perbaikan infrastruktur baik di darat, laut, maupun udara. Di Semarang sendiri terdapat Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) yang merupakan pintu gerbang utama perekonomian Jawa Tengah dalam moda transportasi laut.

Pada tahun 2014 terdapat peningkatan arus bongkar muat peti kemas yang mencapai 32.000 TEU’s setiap tahunnya. Oleh karena itu harus diimbangi dengan peningkatan kerja kepelabuhanan. Indikator kinerja kepelabuhanan sendiri terdiri dari output, service, dan utilitas.

Akan tetapi terdapat beberapa indikator service yang belum mencapai target kinerja kepelabuhanan seperti waiting time, effective time, idle time, not operating time. Sehingga TPKS perlu mengevaluasi kembali pelayananya  untuk meningkatkan efisiensi kinerja pelabuhan.


Empat mahasiswa Teknik Industri Undip yang terdiri dari Rizqi Rahmawati Chotimah, Devi Amalia, Laila Izzatunnisa, dan Afryan Eki Tanoga dengan bimbingan Ibu Dyah Ika Rinawati, S.T., M.T. melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) mengusulkan penerapan lean strategy untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan di TPKS.


Lean Strategy ini dapat meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan melalui pengurangan aktivitas – aktivitas yang tidak bernilai tambah. Penelitian yang telah dilakukan melalui Program Kreativitas Mahasiswa ini telah berhasil lolos pendanaan Dikti kategori Penelitian tahun 2016/2017.  

Sesuai penelitian yang telah dilakukan penerapan lean strategy ini mampu mengurangi waktu tunggu pelayanan, sebesar 6,3 jam tiap pelayanan bongkar. Dengan berkurangnya waktu tunggu pelayanan tersebut dapat meningkatkan efisiensi pelayanan sebesar 3,92 %.

Diharapkan dengan mengurangi waktu pelayanan ini dapat meningkatan kinerja pelayanan di TPKS, artinya semakin banyak peti kemas yang dilayani maka akan semakin meningkatan pendapatan bagi TPKS sendiri, serta memperlancar aliran transportasi barang ke tangan konsumen.