Chips KUA, Cemilan Sehat dari Kulit Udang ala Mahasiswa Undip


Kulit udang dikenal sebagai limbah yang tidak dapat dikonsumsi lagi. Akan tetapi melalui gagasan inovatif 5 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), limbah tersebut dapat diubah menjadi cemilan sehat yang bernilai ekonomi.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaaan, mahasiswa Undip menciptakan kerupuk sehat dari kulit udang yang lebih dikenal sebagai “Chips KUA”. Tim PKM-K ini diketuai oleh Turmala Dewi (Gizi/2015), dan beranggotakan Anne Azkiya Nursya’bani (Gizi/2015), Lutfiatul Khusna (Gizi/2015), Resti Nanda Pratiwi (Gizi/2015) serta Fahmi Mumtazah (Akuntansi/2015).

“Chips KUA (Kulit Udang Antikolesterol) merupakan inovasi kerupuk yang terbuat dengan bahan baku kulit udang dan diolah dnegan metode sandfrying sehingga bersifat antikolesterol,tutur Turmala.


Siapapun, mulai dari  anak-anak, remaja, hingga lansia dapat mengonsumsi Chips KUA sebagai alternatif jajanan sehat. Selain bersifat antikolesterol, “Chips KUA” memiliki rasa yang gurih, renyah, enak, dan tidak berminyak.

Chips KUA dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Setiap kemasannya “Chips KUA” memiliki berat bersih sebnayak 40 gram.

“Saat ini Chips KUA memiliki tiga varian rasa yaitu balado, original, dan rumput laut, tambah Turmala.

Produk kerupuk berbahan dasar kulit udang belum ada di pasaran. Sehingga harapan untuk masa mendatang, produk ini bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.