Berdayakan Warga Desa Lebak Lewat Usaha Keripik Singkong


Bersama warga Dusun Mrico Desa Lebak Grobogan, tiga Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP Undip) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan program “Peningkatan Penghasilan Ibu Rumah Tangga di Dusun Mrico Desa Lebak Melalui Usaha Keripik Singkong”.

Pada tanggal 8 April 2017 telah dilakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan keripik singkong dengan aneka olahan rasa. Keripik ini berpotensi cukup baik bagi masyarakat sekitar, karena mampu meningkatkan perekonomian warga setempat serta memberikan softskills bagi Ibu-Ibu yang hanya sebagian besar bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Harapan dari adanya program tersebut yaitu menjadikannya keripik singkong sebagai program unggulan yang ada di desa tersebut.

Program ini yang diketuai oleh Abdul Rohman dan beranggotakan Putri Nur Anggraini dan Satrio Yudho Widiantoro dengan dosen pembimbing Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., Msi. Sejak bulan Maret lalu kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah warga Dusun Mrico, potensi warga, melakukan perijinan kepada kepala Desa Lebak serta menyiapkan alat dan bahan kegiatan.


Bapak H. Kasman selaku kepala Desa Lebak mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro ini. Faktor yang mendukung kegiatan PKMM ini berjalan dengan baik dan lancar adalah kerjasama Tim PKMM, melimpahnya potensi sumberdaya alam, perijinan yang mudah dan penyediaan alat dan bahan yang mudah.

Abdul selaku ketua PKMM berharap Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat mampu memberdayakan kapasitas masyarakat setempat untuk meningkatkan pendapatan perekonomian dan pastinya meningkatkan serta memelihara kesejahteraan warga. Kami berharap inovasi ini mampu meningkatkan penghasilan pendapatan warga. Selain itu, juga mengubah pandangan masyarakat kalau singkong memiliki nilai jual yang tinggi jika dilakukan pengolahan, misalnya jadi keripik singkong.

Salah satu Ibu Rumah Tangga (Ibu Purwati) mengucapkan terima kasih kepada tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro karena dengan adanya kegiatan pengolahan keripik singkong, para Ibu Rumah Tangga mempunyai kegiatan usaha dan mempunyai penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Dusun Mrico Desa Lebak.