Hebat! Mahasiswa Undip Juara 1 Kompetisi Ide Gila Pertamina


JAKARTA, KampusUndip.com - M. Luqman Hakim dan Agus Supriyanto dari Undip dengan karya karya Bioetanol dari Ampas Sagu yang Dideligfinikasi dengan Gliserol dikukuhkan sebagai juara 1 Ide Gila Pertamina 2017 kategori Terobosan Produk dan Teknologi..

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito mengatakan dalam grand final ini, kesepuluh finalis selain memamerkan karyanya, mereka juga menyampaikan presentasi ide kepada dewan juri yang terdiri dari sejumlah ahli.

Sejumlah ahli yang menjadi dewan juri diantaranya Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali dan Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana. Selain itu juga ada Marketer of The Year 2016, Ahmad Bambang, Executive Director Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), Erwin Widodo, dan Creative Expert, Yoris Sebastian.

Adiatma menyebutkan, penjurian dilakukan dengan ketat mempertimbangkan berbagai aspek dan orisinalitas.

“Dan sejalan dengan visi Pertamina dalam pengembangan energi terbarukan,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 April 2017 sebagaimana dilansir situs resmi Undip.

Grand final kompetisi ini digelar di Gudang Sarinah Ekosistem Pancoran, Jakarta Selatan, yang menampilkan 10 finalis setelah menyisihkan 6.342 peserta dengan 1.464 ide kreatif.

Luqman Hakim (Magister Biologi angkatan 2015) dan Agus Supriyanto menggagas mengawali ide dari keprihatian yang menemukan ampas sagu industri sagu di Jepara yang membuat pencemaran, dan kemudian menyulapnya menjadi bioetanol.

Senior Vice President Non Fuel Marketing Pertamina, Basuki Trikora Putra yang juga bertindak sebagai juri menjelaskan, ide-ide energi baru yang digagas para pemenang dapat diimplementasikan paling tidak setahun setelah kompetisi. Dengan begitu, ia berharap implementasi ide-ide itu bisa jadi bentuk sumbangan menciptakan ketahanan energi Indonesia.

Basuki menyebutkan, kompetisi ini terbuka untuk umum dan untuk menjaring ide-ide kreatif energi baru dan terbarukan.

“Pemenang akan mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan Pertamina sebagai bentuk apresiasi gagasan yang paling unggul dalam kompetisi,” kata Basuki. (sumber)

UNDIP PRESTATIF
- Ringan Mencerdaskan -