Tingkatkan Minat Baca Buku Lewat CREAD (Campaign of Reading)


SEMARANG, KampusUndip.com - Hari Buku Sedunia diperingati setiap tanggal 23 April. Peringatan Hari Buku Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan minat membaca buku.

Masih dalam antusias untuk menyemarakan Hari Buku Sedunia, mahasiswa D-3 Public Relations Universitas Diponegoro (Undip) yang berkolaborasi dengan Komunitas Harapan Semarang, mengadakan 3 rangkaian acara yang berjudul kegiatan CREAD (Campaign of Reading) dengan tagline “Mari Baca Sebar Cerita” pada tanggal 23, 24, dan 30 April 2017.

“Kampanye Membaca Buku yang berjudul CREAD ini selain untuk memperingati Hari Buku Sedunia, juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Reuni Akbar PR Undip (angkatan 1998-2013).” Ujar Annisa Sulistya, selaku penanggung jawab acara CREAD (Campaign of Reading) ini.

Rangkaian kegiatan yang pertama adalah Aksi Sebar Kutu Buku, Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Minggu (23/04) di Car Free Day Simpang 5 Semarang, mulai pukul 06.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan Challenge untuk 10 tim peserta yang telah mendaftar menjadi volunteer kegiatan. Masing-masing peserta menyebar keseluruh area CFD Simpang 5 dengan membawa buku-buku bacaan dan menggunakan kostum Profesi (Dokter, Arsitek, Perawat, dan berbagai kostum unik lainnya) untuk menarik perhatian pengunjung CFD Simpang 5.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat umum dan menyampaikan pesan bahwa membaca itu bisa dilakukan oleh siapa saja, apapun profesi dari orang tersebut. Aksi Sebar Kutu Buku juga telah dihadiri Oleh ibu Tia-Hendi (Isteri Walikota Semarang) yang juga membacakan dongen untuk anak-anak Kom-Har dan Peserta Aksi Sebar Kutu Buku, Ibu-ibu PKK Semarang, Alumni D3 PR Undip, mahasiswa Seni Rupa Unnes, dan Kelas Inspirasi Semarang.

Rangkaian kegiatan yang kedua adalah Mari Baca Sebar Cerita. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Senin (24/04) di Gedung Olahraga Sumeneban, Ps. Johar, Semarang. Kegiatan ini merupakan kegiatan Kampanye sekaligus Charity untuk anak-anak yang dibimbing oleh komunitas Harapan Semarang.




Susunan acaranya yaitu Membaca dongeng dari mahasiswa D3 PR Undip angkatan 2016 guna untuk melatih skill Public Speaking yang mereka miliki, Games, Membagikan hadiah dan bingkisan, Menghias Buku Scrapbook yang mana buku tersebut akan digunakan untuk mencatat buku apasaja yang telah anak-anak baca dalam sehari dan membuat resume secara singkat mengenai buku yang mereka baca. Lalu yang terakhir ada membuat pohon cita-cita bersama.

“Setiap individu yang rajin maupun yang baru akan memulai untuk gemar membaca sejak dini, tidak mustahil baginya untuk dapat meraih cita-cita yang diinginkan dengan membuat pohon cita-cita tersebut, ujar Putri Fanny selaku panitia Acara CREAD.

“Bekerjasama dengan teman-teman PR Undip dalam Kolaborasi Nekatzz Membaca dan CREAD (Campaign Of Reading) PR Undip sangat profesional dan menyenangkan. Goodluck buat teman-teman PR. Semoga kolaborasi Kampanye Membaca Buku dan Kerjasama ini tidak hanya berhenti disini saja,tambah Bang Odi selaku koodinator dari Komunitas Harapan Semarang.