Mahasiswa Undip Ciptakan Rumah Olahan Terong


Universitas Diponegoro (Undip) mendapatkan peringkat kedua jumlah lolos pendanaan PKM 2017 Menristekdikti se-Indonesia. “Rumah Olahan Terong” merupakan salah satu PKMK dari sekian PKM yang lolos pendanaan.

“Rumah Olahan Terong” atau sering disebut ROT diketuai oleh Ali Iksan Adi Saputro dengan anggota Mustika Suci Susilastuti, Fadia Primadesty Putri, Niken Kusumaningrum dan Sri Wahyuti Nuri Mawarni yang berasal dari Program Studi S1-Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran.

ROT memiliki beberapa produk unggulan yang memanfaatkan seluruh bagian dari terong termasuk daging dan kulitnya. Produk ROT diantaranya yaitu: Crispi Terong, Susu Terong dan Yoghurt Terong.

Selama ini pengolahan terong masih terbatas sebagai sayur dan lalapan. Keberadaan ROT diharapkan dapat meningkatkan nilai jual terong ungu di kalangan masyarakat dan menambah inovasi produk olahan berbahan dasar terong. Kuli terong diyakini dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler karena mengandung anti oksidan antosianin.




“Rumah Olahan Terong ini tidak hanya menggunakan daging terong saja, tetapi juga menggunakan kulit terong. Daging terong digunakan sebagai bahan crispi dan kulitnya sebagai bahan di susu dan yoghurtnya. Soalnya di kulit terong itu mengandung antosianin yang bermanfaat untuk jantung” Ali Iksan Adi S.

Hingga saat ini ROT terus memproduksi ketiga produk tersebut untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin naik setiap harinya. Harga yang tidak mahal dan pas di kalangan mahasiswa membuat produk-produk ROT semakin digemari.

“Luar Biasa. . .Maknyuuussss. Pokoknya tetap sukses untuk teman-teman sekalian, salam kebaikan,” ujar Alfath Bagus, Presiden Mahasiswa BEM KM UGM selepas menjadi pembicara training.

Kedepannya ROT akan terus membuat inovasi-inovasi produk lainnya untuk mengembangkan produk olahan sehingga dapat terus diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.