Rangkul BUNDA, Untuk Gizi Anak Autis Yang Lebih Tepat


BUNDA merupakan suatu Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Diponegoro (Undip) yang bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu dengan anak autis agar lebih mampu memilih dan mengolah bahan makanan yang tepat untuk anaknya yang berkebutuhan khusus.

Mengapa harus autis? Autis merupakan suatu gangguan metabolisme yang sangat kompleks terutama pada bagian usus yang mengakibatkan pengaturan makanan pada autis sedikit berbeda dibandingkan dengan pengaturan makan pada orang normal. Apabila terjadi kesalahan konsumsi makanan pada anak autis dapat berdampak pada gangguan perilaku, penurunan status gizi hingga sampai kematian.

Mengapa harus ibunya? Ibu merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam mengontrol asupan anak, sehingga seorang ibu yang cerdas dan mandiri harus mampu memilih bahan makanan yang sesuai untuk anaknya.

Tujuan akhir dari program ini adalah meningkatkan ketrampilan ibu dalam menyelenggarakan makanan untuk anaknya yang memiliki kebutuhan khusus. Program ini dilaksanakan di SLB N Ungaran, dalam kurun waktu April hingga Mei 2017.

BUNDA memiliki 6 kali kegiatan:
1. BUNDA PINTAR 1
2. BUNDA PINTAR 2
3. DAPUR BUNDA 1
4. DAPUR BUNDA 2
5. DAPUR BUNDA 3
6. CLOSING

Bunda pintar merupakan kegiatan materi dimana yang disampaikan adalah teori-teori mengenai autis. Sedangkan dapur bunda merupakan kegiatan yang berupa implementasi penyelenggaraan makanan yaitu memasak makanan dengan bahan makanan yang sesuai dengan kondisi autis.

Tim PKM-M BUNDA memiliki 5 anggota, diantaranya Fahad Syifaushudur (Ilmu Gizi 2014/ketua), Rusda Camelia (Ilmu Gizi 2014/anggota), Gita Zeny Prasetya (Ilmu Gizi 2014/anggota), M. Tri Putra Utomo (Ilmu Gizi 2014/ anggota), Kemal Imran Pratikto (Kedokteran Umum/2015).

- Ringan Mencerdaskan -