Posyandu Remaja Pondok Pesantren Ala Mahasiswa Undip


Tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bidang Pengabdian Masyarakat dari Program Studi S1 Ilmu Gizi FK Undip menggagas sebuah konsep program bernama “POSE NGETREN (Posyandu Remaja Pondok Pesantren)” yang telah lolos dibiayai oleh dikti. Program ini menjadi terobosan baru dan pertama di Indonesia sebagai solusi pemantauan status gizi remaja.

Tim yang beranggotakan Intan Puji Lestari, Silvia Inge Safitri, Vanessa Juliette Alexia, dan Raka Alif Putra ini mengadopsi konsep posyandu balita untuk diterapkan menjadi sebuah program posyandu remaja yaitu POSE NGETREN. Tujuan POSE NGETREN sendiri adalah untuk memantau dan memperbaiki status gizi santri. POSE NGETREN juga memberdayakan kader yang juga berasal dari santri dalam menjalankan programnya.

Program ini terfokus pada pencegahan anemia, peningkatan berat badan dan lingkar lengan atas (bagi yang mengalami gizi kurang) agar ketika memasuki usia pra konsepsi, status gizi santri wanita sudah ideal.



Program ini juga menghasilkan luaran buku pedoman kader santri, modul gizi remaja, dan KMS (Kartu Menuju Sehat) Remaja yang sebelumnnya belum pernah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, program ini juga berkerja sama dengan program pemerintah yaitu melalui puskesmas daerah setempat dalam kegiatan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri yang mengalami anemia.

POSE NGETREN terdiri dari 4 meja. Meja pertama adalah meja pendaftaran, kedua adalah meja antropometri (BB, TB, LiLA), meja ketiga adalah meja pencatatan KMS remaja, dan meja keempat adalah meja konseling gizi. Santri yang datang akan melewati semua meja secara berurutan. Setiap meja didampingi oleh seorang santri kader.

Pelaksanaan posyandu pertama dilakukan pada tanggal 16 April 2017 di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al-Falah Salatiga. Para santri menyambut dengan antusias yang luar biasa besarnya. Maka dengan itu, tim PKM POSE NGETREN berharap program ini mampu menjadi solusi dalam membantu meningkatkan pengetahuan dan status gizi remaja Indonesia dan mempersiapkan generasi yang sehat dan cerdas untuk Indonesia.