PELITA, Penyalur Listrik Tanpa Kabel Karya Mahasiswa Undip


Saat ini kita sudah sering mendengar teknologi Wireless atau teknologi tanpa kabel. Wireless sendiri yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon selular dan internet.

Namun bagaimana jika prinsip Wireless ini digunakan untuk menyalurkan energi listrik pada peralatan elektronik yang ada di rumah anda seperti TV, mesin cuci, atau bahkan smartphone anda, inilah suatu ide yang henda dikembangkan oleh beberapa mahasiswa Undip yaitu mahasiswa Teknik Mesin (Trijan Romadona, Ikhsan) dan Teknik Elektro (Anwar, Angghika Kusuma, Galih Setiaji) melalui Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa disebut PKM.

Melalui ajang PKM ini yang sudah diumumkan serentak di seluruh Indonesia pada maret lalu, Undip sendiri berhasil menempati urutan ke-2 terbanyak Lolos Pendanaan PKM se-indonesia yang diadakan oleh Dikti, Trijan dkk berhasil menyematkan namanya menjadi salah satu peserta yang lolos pendanaan melalui idenya yang diberi nama PELITA (Penyalur Listrik Tanpa Kabel).

PELITA adalah sebuah konsep dari alat penyalur energi listrik tanpa menggunakan kabel dengan mengalirkan listrik melalui medan elektromagnetik antar kumparan yang beresonansi sehingga terjadi gaya gerak listrik pada kumparan penerima.

Beberapa komponen utama penyusun PELITA salah satunya adalah Transmiter, alat ini berfungsi untuk mengirimkan energi listrik dari sumber energi ke receiver. Transmitter berupa coil yang dililit pada jumlah tertentu, dikuatkan dahulu sebelum masuk ke coil sehingga memberikan efisiensi dan jarak yang lebih optimal dalam penyaluran listrik tanpa kabel. Dan beberapa komponen utama lainnya adalah receiver, kapasitor, induktor dan coil.



Cara kerjanya yaitu ketika coil pada bagian transmitter diberikan arus listrik AC maka akan timbul sebuah medan gaya yaitu gaya Lorentz dimana gaya tersebut dihasilkan oleh Induksi Elektromagnetik yang tercipta oleh fluks akibat arus listrik AC yang mengalir pada luasan bidang coil. Ketika gaya Lorentz tercipta maka akan timbul bidang gaya yang dapat menginduksi coil lainnya dengan syarat dalam resonansi induksi yang sama.  Ketika coil lain terinduksi maka arus listrik akan timbul pada lilitan tersebut sehingga transmisi listrik tanpa kabelpun terjadi.

Melalui konsep yang sedang dikembangkan ini harapannya PELITA bisa menjadi sebuah inovasi di masa depan dalam hal penyaluran dan distribusi energi listrik pada rumah tangga sekaligus memberikan solusi atas permasalahan kebakaran akibat kosleting arus pendek pada kabel yang sering dihadapi oleh masyarakat karena penggunaan kabel yang salah dan berlebihan saat menggunakan peralatan elektronik di rumah tangga.

- Ringan Mencerdaskan -