Lewat Nircataya Indonesia, Mahasiswa Undip Kenalkan Batik dan Pariwisata


Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah, ditambah dengan keanekaragaman hayati dan geografis Indonesia yang strategis. Pariwisata menjadi sektor ekonomi yang penting. Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia.

Berbagai upaya dilakukan oleh semua pihak guna melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, meliputi tarian, musik, tak terkecuali khas daerah yaitu batik dan destinasi wisata.

Hal inilah yang melatarbelakangi kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang kategori Kewirausahaan yang beranggotakan Yuli Heri Santoso (Pertanahan, 2014), Siti Mutingah (Akuntansi, 2015), Nawang Sasih (Desain Arsitektur, 2015), dan Jati Indah Wijayanti (Manajemen Pemasaran, 2014) membuat sebuah souvenir produk Mug dengan sebutan Nircataya, yang merupakan kepanjangan dari "Souvenir Cantik dan Kreatif dengan Desain Batik wujud Cinta Budaya". 

Souvenir mudah dijumpai pada objek-objek wisata di daerah beraneka macam jenisnya. Mug adalah salah satu benda multifungsi yang sering digunakan.



Selain itu, produk ini memiliki keunikan pada desain yang dimiliki mengandung unsur ikon batik di dalamnya yang dikombinasikan dengan objek wisata dan khas yang terdapat di suatu daerah sebagai cinderamata atau oleh-oleh khas daerah, juga dalam berbagai event seperti wisuda, ulang tahun, pernikahan dan lain-lain.

Souvenir Mug Nircataya ini digagas sebagai upaya untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Upaya lainnya yang dilakukan oleh Tim PKM-K ini yaitu dengan mengadakan kompetisi sebagai upaya menumbuhkan motivasi cinta pada Indonesia dengan membuat Culture Inspirational Quotes Competition yang dapat dilihat pada media sosial Nircataya Indonesia di instagram (@mug_nircataya), official account line (@bdc2282d), untuk informasi lebih jelasnya bisa melalui wa (text only) 085799955753. Selain itu, Tim PKM-K ini membuka reseller dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dalam pemasarannya.

Nircataya Indonesia
Salam Inspirasi Budaya!