Mahasiswa Undip Raih Award Youth Leadership Camp UNESCO Indonesia


CIBODAS, KampusUndip.com - Mahasiswa Undip berhasil mendapat Award “Youth Leadership Camp for Climate Change” yang diselenggarakan oleh UNESCO untuk Indonesia.

Program tersebut diikuti oleh delegasi pemuda pemudi Indonesia yang terpilih dalam pelaksanaan Youth Leadership Cimate Change 2017 di Cibodas Biosphere Reserve pada tanggal 4-6 Februari lalu.

Lima mahasiswa Undip yang terpilih yaitu Sigit Arrohman dan Mega Andira Putri (Teknik Mesin), Jefri Gunawan Manurung (Oceanografi), Laelatul Baniyah (Biologi) dan Sri Wahyuni (Kimia).

Sigit mengatakan dalam Youth Leadership Camp for Climate Change ini diikuti 50 mahasiswa terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sebelumnya, para peserta harus melalui seleksi dengan mengirimkan daftar riwayat hidup, motivation letter, dan qualification form.

“Dari 161 tim atau 806 peserta yang apply dalam kegiatan ini hanya dipilih 10 tim. Dari 10 tim itu 3 tim diantaranya dari Undip," jelasnya, Selasa (16/5) di kampus Undip.

Dalam kegiatan yang digelar UNESCO bekerjasama dengan dengan UN CC:Learn, Swiss Agency for Development and Cooperation SDC, The Climate Reality Project, dan Youth For Climate Change ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi bersama, bertukar gagasan dan rencana aksi kolektif terkait perubahan iklim.


“Setelah kembali dari Youth Leadership Camp for Climate Change, kami diwajibkan untuk membuat sebuah project di daerahnya masing-masing terkait dengan perubahan iklim," pungkasnya tim D'Seblak.

Tim tersebut berhasil mendapatkan Gold Medal from UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) kategori “Best Team Conducting Peer Education Forum” yang diserahkan langsung oleh Kepala Direktur UNESCO Office Indonesia Prof. Shahbaz Khan. (KUC/Sri)

UNDIP PRESTATIF

Ringan Mencerdaskan