Asah Softskill Generasi Muda, AIESEC Undip Gelar Youth Speak Forum


SEMARANG, KampusUndip.com - AIESEC Universitas Diponegoro menggelar rangkaian acara seminar, diskusi, dan workshop Youth Speak Forum (YSF) di Auditorium FPIK Kampus Undip pada Minggu, 23 April 2017.

Berangkat dari sebuah riset dan survey, serta headline di sebuah surat kabar terkait masalah banyaknya lulusan sarjana yang masih menyandang status pengangguran, maka dari itu dipilihlah tema Maximizing Soft Skills Through Youth Empowerment.

Lewat tema tersebut AIESEC Undip mengajak anak muda untuk mewujudkan poin ke-4 dari 17 poin yang ada pada Sustainable Development Goals (SDG), yakni pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya sebatas akademik saja, melainkan softskill yang akan berguna saat melamar kerja maupun mendirikan sebuah usaha.

Dengan menghadirkan empat pembicara dari berbagai kalangan, yaitu Donnie Silalahi selaku Local Committee President AIESEC Undip, Matthew Mandelsohn dari Time International Jakarta, Sayed Muhammad yang merupakan CEO dari local.co.id, dan Saswindarti dari Commonwealth Life, YSF  mendapat sambutan baik dari berbagai kalangan, terlihat dari banyaknya peserta yang mencapai hampir 200 orang.  Tak hanya dari kalangan mahasiswa, namun komunitas-komunitas kepemudaan juga ikut berpartisipasi dalam Youth Speak Forum 2017.


Selain seminar, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi panel dimana para peserta bisa sharing lebih dalam mengenai keluhan dalam mengembangkan softskill, leadership maupun kesulitan dalam memulai sebuah usaha. 

Uniknya, setelah sesi diskusi panel berakhir, peserta diajak untuk mengikuti workshop yang dipandu langsung oleh para profesional dibidangnya, seperti CEO dari Herosoft Media, CEO Suara Merdeka, CEO PT. Solusi Midya Utama, dan CEO Tangan Terampil. Disana para peserta akan dibagi menjadi beberapa kelas, dan diberi arahan langsung untuk bisa fokus ke tujuan yang ingin dicapai.

Setelah workshop selesai, para peserta ditantang untuk membuat suatu projek atau campaign dalam bentuk virtual maupun fisik yang bisa diterapkan di daerah asal masing-masing peserta.  Ide-ide kreatif yang dituangkan dalam bentuk projek atau campaign tersebut nantinya akan di seleksi dan yang terpilih akan diikutsertakan dalam ajang Youth Speak Summit yang akan diselenggarakan di Jakarta. (KUC/Andhika)

- Ringan Mencerdaskan -