Ternyata, Lirikan Mata Pengaruhi Peluang Diterima Kerja


SEMARANG, KampusUndip.com – Undip Career Center (UCC) menggelar acara Career Jam Session 3 di Gedung Prof Soedarto SH Kampus Undip Tembalang, Semarang (18/4/2017).

Acara yang mengusung tema “Improving Capacity Building in the Global Era” ini menghadirkan pembicara salah satunya adalah Ibu Ria Rostina selaku Human Resources Development PT Telkom (Persero).

Ibu Ria menyampaikan dalam melamar kerja, setidaknya ada 4 skill yang wajib ada, yakni kemampuan berkomunikasi, menguasai teknologi, penguasaan bidang kepemimpinan, dan kemampuan public relation atau customer service. Ibu Ria juga menambahkan bahwa dalam membuat CV tidak perlu banyak halaman, cukup 2 lembar namun ringkas dan menarik.

Dalam materinya, salah satu yang menjadi hal baru bagi para audiens yang hadir dari mahasiswa dan calon wisudawan bulan April 2017, ternyata dalam melamar pekerjaan, lirikan mata pelamar kerja mempengaruhi penilaian interviewer apakah ia nanti diterima atau tidak. Hal ini terjadi ketika sesi wawancara.


Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa lirikan mata yang baik ketika ditanya adalah pandangannya mengarah ke kiri. Hal itu pertanda dia sedang mengingat-ingat. Sedangkan sebaliknya, lirikan ke kanan hendaknya dihindari karena itu pertanda bahwa jawaban yang akan disampaikan tidak pasti atau mengarang.

Materi ini menjadi hal baru yang diketahui oleh audiens. Mengingat selama ini tidak disadari bahwa hal kecil seperti lirikan mata juga dinilai dalam proses melamar pekerjaan. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -