Undip Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an


SEMARANG, KampusUndip.com – Universitas Diponegoro menggelar ajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2017 di Kampus Undip Tembalang, Semarang.

MTQ Undip ini digelar pada 16 – 19 Maret 2017 dengan memperlombakan 8 cabang, yakni Desain Aplikasi Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Debat Bahasa Inggris, Hifdzil Qur’an 1 & 5 Juz, Tartil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Kaligrafi dan Fahmil Qur’an.

Kedelapan cabang perlombaan tersebut digelar di beberapa tempat, seperti Masjid Kampus Undip, Ruang Teater Fakultas Kedokteran, Masjid Baitul ‘Ilmi Fakultas Teknik, Masjid Al-Kautsar Fakultas Sains dan Matematika, serta Rektorat.

Berdasarkan keterangan Wakil Rektor I Prof Zainuri, peserta yang mengikuti lomba MTQ Undip tahun 2017 ini berjumlah 268 peserta dari berbagai fakultas di Undip. Beberapa diantaranya merupakan Hafidz Qur’an atau hafal 30 Juz.




Lomba MTQ Undip ini terdiri dari 2 tahap, yakni babak penyisihan dan babak final dan disesuaikan dengan standar MTQ nasional. Usai digelar selama 3 hari, perhelatan MTQ Undip ditutup pada Ahad sore, 19 Maret 2017 yang juga digunakan sebagai pengumuman hasil lomba.

Selain untuk mengasah kemampuan pengetahuan Islam dan pendekatan diri kepada Al-Qur’an, lomba MTQ Undip ini juga sekaligus sebagai seleksi tingkat universitas. Mereka yang lolos seleksi akan dikirim mewakili Undip dalam ajang MTQ Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang berlangsung di Universitas Brawijaya. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -