Data dan Fakta Kandang Ayam “Closed House” FPP Undip


Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro resmi memiliki fasilitas baru yang diberi nama kandang ayam “Closed House” pada awal tahun 2017. Lokasi kandang ayam ini berada disebelah selatan gedung A FPP Kampus Undip Tembalang, atau dekat Laboratorium Terpadu.

Kandang ayam hasil kerjasama antara FPP Undip dengan PT Medion ini pun menjadi salah satu sarana untuk memaksimalkan hasil potensi yang dimiliki fakultas tersebut. Terkait fasilitas baru ini, berikut adalah beberapa data dan fakta seputar kandang ayam “Close House” FPP Undip yang telah KAMPUSUNDIP.COM rangkum dalam program “Dipopedia” untuk sahabat semuanya:

1. Peresmian
Kandang ayam “Closed House” ini diresmikan pada Jum’at 27 Januari 2017 bersamaan dengan acara Senam Bersama yang dihadiri Rektor Undip beserta jajarannya.

2. Biaya Pembangunan
Biaya yang dipakai untuk membangun kandang ayam ini sebesar Rp 641.500.000,00 dengan jangka waktu pelaksanaan 120 hari kalender pada Juni s/d Oktober 2016.

3. Daya Tampung
Kandang ayam dengan bangunan berbentuk persegi panjang mampu menampung 11.000 ayam pedaging.

4. Kenapa Dinamakan “Closed House”
Dinamakan “Closed House” karena kandang ayam ini dibangun menggunakan sistem kandang tertutup untuk menjamin keamanan secara biologi (kontak dengan organisme lain) melalui pengaturan ventilasi yang baik sehingga lebih sedikit resiko stress pada ternak.

5. Menyediakan Udara Yang Sehat
Kandang ini dirancang untuk menyediakan udara yang sehat bagi ternak ayam dengan menghadirkan oksigen sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan gas berbahaya seperti karbondioksida dan ammonia.

6. Miliki Kipas Angin Untuk Chilling Effect
Terdapat 5 kipas angin (blower) dalam kandang ini sebagai chilling effect (angina berhembus) untuk menciptakan iklim sejuk. Uniknya, apabila suhu mulai panas, 5 buah kipas angin akan otomatis menyala sendiri sehingga dapat meminimalkan tingkat stress pada ternak.

7. Manfaat Lain “Closed House”
Selain untuk kandang ayam, fasilitas ini juga sebagai pendukung riset di kampus untuk memacu holding company yang tengah dibangun Undip. Tak hanya itu, sebagian dari usaha ini juga dialokasikan untuk bantuan beasiswa.

8. Panen Perdana
Panen perdana hasil kandang ayam ini dilakukan pada 22 Februari 2017 bekerjasama dengan PT Charoend Pokphand Indonesia (CPI) yang juga dihadiri oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama. Sebanyak 1.400 ayam broiler dipanen pada kesempatan ini dan langsung masuk ke rumah pemotongan (Referensi tambahan: Antara, Tribunnews).

Itulah tadi data dan fakta seputar kandang ayam “Closed House” FPP Undip. Dan sebagai pelengkap, berikut KAMPUSUNDIP.COM sajikan juga foto-foto peresmian dan bangunan kandang ayam tersebut. Selamat menyaksikan :)

Foto-Foto Tahap Pembangunan (Diambil 18 November 2016):









Foto-Foto Peresmian (Diambil 27 Januari 2017):
















Foto-Foto Bangunan Kandang Ayam (Diambil 1 Maret 2017 & 26 Desember 2016):











DIPOPEDIA
- Ringan Mencerdaskan -