CEKUT (Cek Kesehatan Ungaran Timur), Bentuk Pengabdian Mahasiswa KKN Undip

KKN Undip

SEMARANG, KampusUndip.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip di Ungaran Timur, Semarang, dengan didampingi oleh tim dosen, Dr. Suryanti (dosen FPIK), Arnis (dosen FT) serta Koordinator KKN Kabupaten Semarang, dr. Sri Winarni, M.Kes, menggelar cek kesehatan masal di alun-alun Bung Karno, Kalijero, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang Minggu (12/2/2017).

Kegiatan yang diberi nama “CEKUT” tersebut adalah puncak acara dari serangkaian acara yang telah dilakukan sebelum berakhirnya KKN di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara PMI dan instansi kesehatan yang ada di sekitar Ungaran dan Semarang yang digawangi oleh Tim I KKN Undip. 

Cek kesehatan tersebut berupa cek tensi darah, cek gula darah serta cek kolesterol dan cek asam urat. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 pagi ini, mendapatkan respon positif dari masyarakat. Karna selain gratis, meraka juga dapat berkunsultasi mengenai kesehatan. Tidak kurang dari 150 orang antusias mengikuti kegiatan ini, selain itu juga disedikan layanan donor darah.

KKN Undip

Dalam kegiatan ini, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terjun langsung melakukan pemeriksaan. Ketua Pelaksana, Muhammad Afniz Julian Fithrianzah, menyampaikan tujuan kegiatan sendiri adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan diri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Ungaran Timur. 

“Harapannya agar masyarakat, khususnya warga Ungaran Timur sehat dan sejahtera serta KKN Undip mampu memberikan manfaat kepada masyarakat,” tambah Afnis, mahasiswa Psikologi Undip angkatan 2013.

Selaku dosen pembimbing, Dr. Suryanti, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan pembentukan kepedulian mahasiswa terhadap sesama, sekaligus sebuah praktek dari studi yang sudah ditempuh selama berkuliah. 

“Dalam kegiatan ini, selain memberi ruang kepada mahasiswa untuk peduli kepada sesama, juga bisa menjadi sarana sosialisasi studi di Undip,” tambahnya.

KKN Undip

Kebanyakan dari peserta yang mengecek kesehatan adalah pasien lanjut usia. Ada pula masyarakat yang setelah berolahraga di sekitar alun-alun menyempatkan diri untuk cek kesehatan gratis. 

“Acara seperti ini harus sering diadakan untuk membantu pengobatan yang mahal,” ujar salah seorang pengunjung setelah melakukan cek kesehatan. 

Penarikan Tim I KKN UNDIP Kabupaten Semarang sendiri akan dilakukan pada Sabtu 19 Februari 2017. (Hendra)

- Ringan Mencerdaskan -