Undip Kampus Terhijau ke-4 di Indonesia dan 70 Besar Dunia

Universitas Diponegoro

DEPOK, KampusUndip.com - Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai kampus terhijau di Indonesia dan 70 besar dunia berdasarkan rilis terbaru UI GreenMetric yang diumumkan pada Kamis, (29/12) beberapa waktu yang lalu di kampus UI Depok, Jawa Barat.

Pengumuman disaksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Penelitian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Dr. Muhammad Dimyati beserta Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Ketua UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari sebagaimana dikutip depokterkini.com.

Undip menduduki rangking 1 tingkay provinsi dan 4 nasional dengan total 5.995 poin. Sedangkan posisi 1,2, dan 3 secara berurutan ditempati oleh Universitas Indonesia (UI) dengan 6.572 poin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 6.371 poin, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 6.173 poin. Lalu untuk peringkat 5-10 secara berurutan ditempati oleh UNS, Unnes, UB, Unpad, ITB, dan Unand.

Sedangkan dalam tingkat dunia, University of California Davis menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Ranking 2016 (8.398 poin). Sedangkan peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham, Inggris (8.079 poin) dan Waganingen University & Research, Belanda (7.658 poin). Untuk tingkat dunia, Undip juga masuk dalam 70 besar, tepatnya diposisi 69 kampus terhijau dunia.

Kampus Terhijau Indonesia 2016
Peringkat Undip secara nasional

Kampus Undip Hijau Dunia
Peringkat Undip secara global


Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities dimana pada tahun 2016 menjadi 516 dari 74 negara (tahun 2015 diikuti 407 perguran tinggi dari 65 negara).

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. UI GreenMetric menggunakan enam kriteria universitas hijau. Keenam indikator universitas hijau itu adalah pengaturan lingkungan, pengelolaan perubahan iklim dan energi, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi hijau dan pendidikan kesadaran lingkungan. (KUC)

[UNDIP PRESTATIF]
- Ringan Mencerdaskan -