Raih Doktor di Undip, 5 Hal Ini Patut Kamu Contoh Dari Menteri Susi Pudjiastuti


Dianugerahkannya gelar doktor Honoris Causa (HC) dari Undip kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti pada Sabtu, 3 Desember 2016 di Gedung Prof. Soedarto SH mendapat perhatian sendiri dari berbagai kalangan.

Selain mengundang perhatian, penganugerahan HC kepada Susi juga memberikan hikmah tersendiri yang bisa dipetik.

Berikut rangkuman 5 hal yang patut dicontoh dari anugerah doktor honoris causa seorang ibu Susi Pudjiastuti di Undip :

1. Minta Diuji Terlebih Dahulu
Susi Pudjiastuti tidak serta merta menerima begitu saja gelar doktor honoris causa yang ditawarkan Undip. Susi meminta untuk diuji terlebih dulu kompetensinya agar yakin bahwa dirinya pantas untuk mendapatkan gelar doktor kehormatan.

"Tim uji kompetensi kemudian datang ke rumah, tanya jawab, dan sebagainya. Ternyata hasilnya (skor) cukup tinggi yang membuat saya sebenarnya juga surprise," ungkapnya.

2. Pidato Orasi Tanpa Teks
Pada kesempatan itu, Susi menyampaikan pidato tentang "Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa". Pidato pengukuhannya itu pun disampaikannya lugas tanpa teks meski sebenarnya sudah menyiapkan materi yang ternyata hanya dijadikannya sekadar sebagai panduan menyampaikan pidatonya. Hal yang satu ini patut banget dicontoh mahasiswa saat presentasi.

3. Kerendahan Hati
Susi mengaku tak jumawa akan gelar tertinggi itu. Sebab, selama puluhan tahun dia selalu fokus bekerja semaksimal mungkin untuk Indonesia. Karena ebagai doktor atau tidak ia tetaplah Susi. Bahkan ia masih bertanya kepada diri sendiri apakah ia pantas mendapatkan gelar doktor tersebut.

“Saya merasa terharu, terhormat, tersanjung, tetapi juga tetap punya pertanyaan apakah saya pantas mendapatkannya,” kata Susi saat mempersiapkan penganugerahan gelar di Kampus Undip (2/12).

4. Tak Lupa Berterimakasih
Yang diberi, tak lupa untuk berterimakasih. Di akhir pidatonya, Susi tak kuat menahan tangis, saat menyampaikan terima kasih pada berbagai pihak yang telah mendukungnya dan bekerja sama dengannya selama ini. Suaranya parau dan lama terdiam saat menyampaikan terima kasihnya untuk kedua orangtuanya, almarhum bapaknya, Ahmad Karlan dan Ibunya Suwuh Lasminah. Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Undip dan Presiden Jokowi.

"Saya ucapkan terimakasih karena memberikan inspirasi. Dengan ini membuat saya lebih kerja keras lagi. Dengan gelar doktor semoga saya lebih amanah," kata Susi.

5. Pendidikan Rendah Bukan Halangan
Sudah bukan rahasia lagi, Susi merupakan satu-satunya menteri di Kabinet Kerja Jokowi yang hanya berijazah SMP. Bahkan Susi di drop out saat kelas II SMA. Susi menambahkan, gelar doktor honoris causa yang diperolehnya dari Undip diharapkan bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat yang tidak bisa menyelesaikan sekolah bisa memajukan bangsa dan negaranya dengan bermodal totalitas, kredibilitas dan integritas yang tinggi.

"Mudah-mudahan gelar ini bisa memberikan inspirasi, seandainya ada yang tidak menyelesaikan sekolah tapi punya totalitas, kredibilitas dan integritas. Kredibilitas dan integritas dipertahankan. Apalah arti gelar, harta, tapi kita tidak punya integritas. Itu saja yang saya punya sebagai warga negara yang hendak memajukan bangsanya," pungkasnya. (Foto : Tribunnews.com)

Referensi :
Republika, Viva.co.id, HarianTerbit.com, Liputan6.com, Merdeka.com

KAMPUSUNDIP.COM
- Ringan Mencerdaskan -