Mengenal KampusUndip.com #3: Didirikan dalam Keterbatasan dan Fasilitas Seadanya


Sejarah berdirinya situs KampusUndip.com (KUC) didirikan dalam keadaan serba terbatas dan fasilitas yang dipakai seadanya yang saat itu dimiliki.

Kala itu, untuk mendirikan KUC tidak punya modem untuk akses internet, HP yang digunakan adalah HP dengan spesifikasi terbatas, tidak bisa untuk membuka LINE@, resolusi kameranya pun tidak seberapa. Untuk menggunakan kamera digital atau DSLR seperti jurnalis pada umumnya, KUC juga tidak punya.

Tahun 2015, KUC didirikan memakai netbook (laptop jinjing kecil), bukan notebook yang dimensinya besar. Karena netbook, spesifikasinya juga tidak selengkap notebook.

Netbook yang digunakan untuk mendirikan KUC saat itu keadaannya juga sudah dalam kondisi rusak, harus ada ‘colokan’ agar bisa menyala, patah di beberapa bagian, dan fungsi lainnya yang sudah tidak bisa berjalan maksimal.

Begitu pula untuk akses internet, karena tidak punya modem dan belum bisa menggunakan paket data kala itu, untuk mendirikan dan operasional website KUC menggunakan sinyal wifi seperti saat di kampus misalkan. Saat dapat sinyal wifi baru bisa buka website. Jika tidak dapat sinyal wifi, maka operasional website tidak bisa.

Untuk kamera juga demikian. Karena hanya mengandalkan kamera HP dan resolusinya tidak seberapa, maka KUC hanya menggunakan HP tersebut seadanya untuk mengambil foto/gambar/video karena memang tak memiliki kamera digital maupun DSLR.

Berikut adalah rangkuman kondisi KUC ketika awal-awal didirikan:
1. Netbook: Rusak, patah, lemot
2. Kamera: Tidak ada
3. Modem: Tidak ada
4. Tripod: Tidak ada
5. HP: Spesifikasi Terbatas
6. Media Sosial: Baru mengoptimalkan Facebook
7. LINE@: Belum buat, belum bisa menggunakan
8. Akses Internet: Memanfaatkan sinyal wifi
9. Paket Data: Tidak ada dan belum paham
10. Pengetahuan Website: Masih awam

Sehingga, karena dulu keadaannya serba terbatas, situs KampusUndip.com didirikan bukan saat ketika semua fasilitas penunjang lengkap baru dibuat, melainkan karena keinginan untuk berbagi informasi dan manfaat kepada sesama meski fasilitas terbatas daripada harus menunggu semua peralatan yang diinginkan ada. (KUC)

#MengenalKUC #SejarahKUC #1TahunKUC #MasihBelajar

- Ringan Mencerdaskan -