Mengenal KampusUndip.com #1: Bermula dari Hal Simpel dan Sederhana


Sejarah situs KampusUndip.com (KUC) bermula dari hal yang simpel, ringan, dan sederhana pada awal situs ini didirikan. Maksud dari hal simpel, ringan, dan sederhana itu adalah keinginan untuk berbagi dari apa yang dilihat, diikuti, dan diketahui oleh salah seorang mahasiswa disela-sela rutinitasnya menjalani perkuliahan di kampus Undip melalui tulisan/artikel (mahasiswa ini kemudian yang menjadi Founder. Orang menyebutnya demikian).

Ambil contoh, ketika tengah berjalan di kampus misalkan, entah saat berangkat atau pulang, ia melihat ada hal yang punya nilai manfaat untuk dibagikan kepada sesama, minimal menambah pengetahuan bagi teman-temannya yang belum mengetahui. Seperti ia melihat ada pembangunan gedung, renovasi fasilitas, atau hal-hal menarik dari alam sekitar seperti pemandangan indah.

Berhubung ia memiliki HP berkamera (meski resolusinya kala itu tak seberapa), maka ia potret objek tersebut saat berjalan di kampus. Lalu ketika sampai di kamar, ia menulis tulisan singkat tentang apa yang ia lihat dengan format penulisan seperti berita (walau belum sempurna), kemudian dipublish ke website KUC yang dibuat.

Situs KampusUndip.com sendiri pun ia buat dalam keadaan belum begitu paham mengenai dunia website maupun blogger. Kala itu, yang terpenting bisa punya situs terlebih dahulu dengan subdomain .com hingga akhirnya muncul ide untuk menamakan situsnya menjadi www.kampusundip.com yang ia singkat “KUC”. Dan alhamdulillah, nama itu belum ada, sehingga bisa dipakai untuk nama situs buatannya. Istilahnya, “siapa cepat, dia dapat!”.

Salah satu pertanyaan yang muncul di LINE tentang KUC


Lalu, kenapa ia memutuskan membuat website? Sebelum memutuskan membuat situs KampusUndip.com, ia memiliki kebiasaan menulis kemudian di share. Kenapa menulis? Karena dengan menulis, seseorang bisa membuat peninggalan, aset berharga, menorehkan 'sejarah', referensi bagi yang lain, yang tak hanya bisa dibaca hari ini saja, tapi juga untuk esok hari dan seterusnya sampai kapanpun selama dunia dan tulisan itu masih ada.

Ia juga pernah mengemban amanah dalam suatu departemen di organisasi kampusnya yang akrab dengan dunia tulis-menulis dan dipublish ke website. Lalu, ketika semua amanah itu selesai dan lepas semua pada tahun 2015, rasanya ada yang “hilang” dari kebiasaannya. Untuk itulah, di tahun yang sama ia kemudian membuat website www.kampusundip.com setelah semua amanah selesai.

Tak ada pikiran diawal pendirian KampusUndip.com selain untuk berbagi informasi dari apa yang ia ketahui di kampus kepada yang lain. Jika ia pribadi sudah tahu, mungkin temannya belum tahu. Jika teman se-fakultasnya sudah tahu, mungkin teman fakultas lain belum tahu. Jika semua mahasiswa Undip sudah tahu, mungkin alumni Undip diluar sana yang belum tahu, dan seterusnya. Karena Founder belajar menyadari, ia tak hidup hanya seorang diri. Banyak diluar sana yang juga perlu untuk setidaknya mendapatkan informasi tentang kampusnya. Syukur-syukur memberi manfaat, dan membantu sesama. Karena sebagaimana yang dijelaskan diawal, KampusUndip.com bermula dari hal yang sederhana, ringan, dan simpel.

Dari hal simpel inilah, sesuatu yang kala itu Founder lihat, ketahui, ikuti, ingin ia sebarkan kepada yang lain melalui tulisan disitus KUC, supaya tak hanya ia saja yang tahu. Entah itu kegiatan perkumpulan, seminar, pembangunan sarana kampus, dan info lainya yang didapatkan disela-sela rutinitasnya di kampus. Selama benar adanya, bisa memberi manfaat, dan membuat orang lain yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, akan dibuat tulisan dan disebarkan.

Inilah awal mula KampusUndip.com, dari hal yang simpel, ringan, dan sederhana. (KUC)

#MengenalKUC
#1TahunKUC #MasihBelajar

- Ringan Mencerdaskan -