Terjadi Sekejap, Banjir Tembalang 25 Desember Hanya Diketahui Segelintir Orang


SEMARANG (KampusUndip.com) – Banjir Tembalang yang terjadi di kawasan Jalan Sirojudin pada Minggu (25/12) malam, hanya diketahui segelintir orang.

Hal itu lantaran waktu kejadian antara mulainya banjir hingga surut tergolong sangat cepat hanya berlangsung dalam hitungan menit saja. Berdasarkan warga yang menyaksikan, banjir mulai diketahui usai shalat Maghrib. Air meninggi di jalan raya terjadi secara tiba-tiba sampai lutut orang dewasa hingga masuk ke toko dan rumah disamping kanan-kiri jalan. Diantaranya Toko Umy Jilbab dan rumah Bapak Hadi.






Selain itu, akibat banjir yang terjadi persis disamping utara jembatan Sirojudin yang baru diperlebar ini membuat pengendara sepeda motor yang nekat menerobos juga mogok dan menyebabkan beberapa mobil memutuskan berputar balik mencari jalan lain.


Namun, tak sampai pukul 7 malam atau shalat Isya tiba, air sudah surut dan lalu lintas sudah kembali normal seperti sedia kala. Surutnya air juga begitu cepat setelah beberapa warga berinisiatif mengecek selokan dipinggiran jalan dan membuka beberapa benda yang menghalangi air mengalir ke sungai Krengseng, sungai yang tak jauh dari lokasi banjir.

Hal inilah yang membuat pengendara atau orang lain yang lewat di daerah tersebut menjelang pukul 7 malam apalagi sesudahnya tak melihat adanya genangan banjir. Para pengendara jalan tampak menengok-nengok untuk mengetahui bekas banjir namun sudah tak ada. Bahkan membuat beberapa netizen bertanya-tanya apakah banjir ini benar-benar terjadi. Banjir hanya diketahui langsung oleh warga sekitar lokasi dan pengguna jalan yang lewat saat banjir menggenang.


Dengan adanya hal ini pula, warga pun menyakini penyebab banjir adalah saluran drainase yang tak berfungsi secara maksimal. Apalagi, tak jauh dari lokasi banjir juga terdapat air yang menyembur keluar dari saluran bawah tanah hingga meluber ke jalan dan area disekitarnya. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -