Register Undip Gelar Workshop SIG dan Penginderaan Jauh


SEMARANG (KampusUndip.com) –  Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Remote Sensing and GIS Technology Research atau biasa dikenal REGISTER telah sukses menyelenggarakan workshop penginderaan jauh dan SIG terbesar di Universitas Diponegoro yang bertempat di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, 15 – 17 November 2016.

Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan dari UPK REGISTER yang pada kali ini mengangkat tema mengenai “Penginderaan Jauh Satelit Terapan dan Survei untuk Studi Ekosistem Pesisir”.

Pada workshop tersebut dihadirkan lima narasumber yang sudah ahli dibidangnya, yaitu Dr. Muhammad Helmi S.Si, M.Si (Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia), Dr. Rudhi Pribadi (Kelompok Kerja Mangrove Provinsi Jawa Tengah), Dr. Ir. Munasik, M.Sc (Pengurus Pusat INCRES, Indonesian Coral Reef Society), Ir. Ita Riniatsih, M.Si (BSO SeaCrest, Seagrass Conservation and Reasearch Center FPIK UNDIP), dan Fikrul Islamy S.Pi (Operator PPDPI dan Stasiun Bumi BPOL).

Workshop ini diperuntukan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 dengan rincian biaya registrasi masing – masing adalah Rp230.000 bagi mahasiswa S1, Rp350.000 bagi mahasiswa S2, dan Rp500.000 bagi mahasiswa S3. Fasilitas yang diperoleh berupa snack, makan siang, coffee break, sertifikat, workshop kit, modul pelatihan, serta software dan data – data citra satelit yang diperlukan untuk melalukan pengolahan data. Tak kurang sekitar 17 peserta yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia mengikuti workshop ini.




Peserta dilatih secara khusus dan intensif selama tiga hari dan didampingi serta diarahkan langsung oleh narasumber dalam melakukan pengolahan data. Sebelum dilakukan praktik pengolahan data, peserta dibekali dengan pemberian materi dan teori – teori yang berkaitan dengan jenis pengolahan data yang akan dilakukan serta bagaimana teknis survey lapangan yang baik dan benar.

Materi dan teori tersebut mencakup tiga komponen utama ekosistem pesisir, yaitu mangrove, lamun, dan terumbu karang. Setelah penyampaian materi dan teori, barulah peserta melakukan pengolahan data dengan menggunakan software yang didampingi langsung oleh para narasumber.

Dengan adanya workshop tersebut, diharapkan masyarakat, praktisi dan akademisi yang berkecimpung di dunia penginderaan jauh dan SIG dapat terbantu dalam mengembangkan pengaplikasian yang tepat guna bagi kesejahteraan masyarakat pesisir khususnya dan kemajuan perikanan dan kelautan Indonesia pada umumnya. (KUC/DN/Foto: Dok. Register)

- Ringan Mencerdaskan -