HMPII Undip Gelar Temu Ilmiah Nasional


SEMARANG (KampusUndip.com) – Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Temu Ilmiah Nasional (TELMINAS) yang berlangsung selama 4 hari, Kamis – Minggu, 27 – 30 Oktober 2016.

Kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Gathering Keluarga HMPII, Forum Group Discussion (FGD) dan Talkshow yang menghadirkan pembicara Asep Saeful Rohman, S.Sos., M.Ikom (Pembina HMPII) dan Tirta Nursari (Pendiri Taman Baca Masyarakat Pasinaon), Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Karya Poster Kreatif, dan Fieldtrip Kota Semarang.

Kamis (27/10) peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Makassar, Lampung, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Aceh telah tiba di Semarang dan pada hari yang sama dilakukan Technical Meetting (TM) sekaligus pengambilan nomor undian peserta untuk presentasi poster dan karya tulis ilmiah.

Jum’at (28/10) peserta melakukan presentasi sesuai dengan nomor undian yang telah diambil di hari sebelumnya. Prsentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan di UPT Perpustakaan Undip. Sedangkan Lomba Karya Poster Kreatif berada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip.





“TELMINAS ini merupakan program kerja dari HMPII yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan seluruh Indonesia dan Undip didaulat sebagai tuan rumah dalam acara dwi tahunan ini. Acara ini kali keduanya diadakan setelah sebelumnya Universitas Padjajaran (Unpad) sebagai tuan rumah acara TELMINAS pertama.” Jelas Masyikur Hidayatullah, salah satu panitia kegiatan tersebut.

Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu sebagai ajang silaturahmi jurusan Ilmu Perpustakaan yang diwadahi oleh HMPII, membahas isu-isu terkini dan topik yang berkaitan dengan Ilmu Perpustkaan seperti program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni GLS (Gerakan Literasi Sekolah), dan mengembangkan soft skill mahasiswa di bidang menulis ilmiah dan kreasi.

“Acara telminas ini merupakan acara yang sangat bagus karena selain jadi ajang silaturahmi juga menjadi ajang pengembangan diri mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Harapannya kegiatan ini dapat berjalan secara rutin dan kegiatan sejenis ini juga lebih banyak.” Ungkap Trimo, salah satu peserta dari Universitas Brawijaya. (DWI/TIKA/KUC)

- Ringan Mencerdaskan -