Wapres RI Hadiri Peringatan Dies Natalis ke-59 Undip



SEMARANG (KampusUndip.com) – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla menghadiri peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Diponegoro di Gedung Prof. Soedarto SH Kampus Undip Tembalang, Semarang, Sabtu (15/10).

Dalam kunjungannya ke Undip, Wapres berkesempatan menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan para akademisi dan tamu undangan yang memadati Gedung Prof. Soedarto SH.

Pesan yang disampaikan Wapres dalam orasinya salah satunya adalah mengajak Undip memprioritaskan program pendidikan kemaritiman sebagaimana upaya pemerintah dalam pembangunan sektor tersebut.

"Kami tidak ingin Undip mendidik mahasiswanya menjadi nelayan, tapi didiklah mereka agar mampu membangun sektor kemaritiman," katanya saat menyampaikan orasi ilmiah seperti dilansir ANTARA.

Wapres mengingatkan bahwa tidak ada artinya bagi Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 90 ribu kilometer, namun pengekspor ikan terbesar justru Thailand.

"Marilah berpikir, bagaimana nelayan berpenghasilan bagus, bagaimana mengebor minyak di laut lebih banyak," katanya.



Dia juga mendorong agar Undip memperbanyak riset yang memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.

Menanggapi hal ini, rektor Undip Prof Yos Johan Utama menyampaikan tekadnya bahwa perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu akan dijadikan universitas riset.

"Sekitar 60 persen riset Undip ada aspek kemaritiman. Undip siap mendukung kebijakan pemerintah di semua bidang," ujarnya.

Dalam lawatannya ke kampus ber-icon Pangeran Diponegoro ini, Jusuf Kalla datang bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla beserta Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) yang juga mantan Rektor Undip, M. Nasir. (KUC/Antara/Foto: Laela/JIBI Photo)

- Ringan Mencerdaskan -