Waduk Undip Dipenuhi Sampah dan Eceng Gondok

Waduk Undip

SEMARANG (KampusUndip.com) – Waduk Undip atau yang juga dikenal dengan nama Waduk Pendidikan Diponegoro yang berada di Kampus Undip Tembalang, Semarang, tampak dipenuhi sampah, Sabtu (3/9).

Selain sampah, tumbuhan eceng gondok juga terlihat tumbuh subur di area perairan waduk yang sering menjadi tempat olahraga dan jalan santai tersebut.

Salah seorang pengunjung waduk, Pak Dori mengatakan ia cukup kaget melihat waduk yang kotor dipenuhi sampah.

“Minggu kemarin masih bersih kok sekarang kotor sekali,” Ujar Pak Dori kepada KAMPUSUNDIP.COM saat mengunjungi waduk.

Pak Dori mengaku biasanya sepekan sekali berkunjung ke waduk Undip untuk mengantarkan anaknya berolahraga. Ia cukup kaget melihat waduk yang dulunya masih bersih menjadi kotor.

Menurutnya, sampah yang menumpuk di waduk akibat kiriman dari area di sekitar kali yang mengarah ke waduk. Apalagi malam hari sebelumnya hujan deras sempat turun di Tembalang.

Terkait eceng gondok, memang akan lebih banyak ikan yang berkumpul. Namun ia tetap berharap petugas kebersihan segera membersihkan waduk agar tidak menumpuk berkepanjangan. Karena jika dibiarkan terus menerus maka sampah dan eceng gondok akan kian menutupi waduk dan sulit dibersihkan.

“Ini kalau nggak segera dibersihkan bisa ketutup semua (oleh sampah dan eceng gondok-red) nanti waduknya,” Ujarnya.

Selama ini, waduk Undip memang menjadi tujuan para mahasiswa maupun warga untuk berolahraga atau sekedar foto-foto di akhir pekan. Pak Dori pun mengusulkan diadakan lomba memancing di waduk karena memancing juga menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. (KUC)















KAMPUSUNDIP.COM
- Ringan Mencerdaskan -