Tak Ada Denah, Peserta Test Calon Pegawai Undip Kebingungan


SEMARANG (KampusUndip.com) – Universitas Diponegoro menggelar test tulis calon pegawai tidak tetap/kontrak pada Sabtu, 17 September 2016 di Kampus Undip Tembalang, Semarang.

Sejumlah fakultas mendapat kehormatan dengan ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan test tertulis bagi para calon pegawai. Antara lain Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Psikologi, maupun Fakultas Hukum.

Layaknya test SNMPTN maupun SBMPTN, para peserta test calon pegawai mulai berdatangan sejak pagi hari. Mereka datang sedini mungkin untuk mengecek lokasi tempat mereka test. Bahkan ada yang menginap terlebih dahulu di Tembalang pada malam sebelumnya.

Namun tak semua peserta bisa dengan mudah menemukan tempat test mereka. Beberapa diantaranya tampak kebingungan lantaran di beberapa lokasi tidak tersedia denah atau petunjuk.

Di FPIK misalkan. Fakultas berjuluk Kampus Biru ini memang memiliki area yang cukup luas dengan jumlah gedung yang banyak. Tidak sedikit para peserta test calon pegawai mondar-mandir dari satu gedung ke gedung lainnya untuk mencari ruangan test.

Salah seorang pengawas test dari LPPM Undip yang ditugaskan di FPIK, Pak Damami mengatakan, salah satu sebab banyaknya peserta yang bertanya dan mondar-mandir karena tidak adanya denah maupun petunjuk lainnya. Memang sudah ada tanda arah panah di jalan utama kampus dekat rektorat. Namun tidak dibarengi dengan di fakultas, terutama di pintu masuk gedung.

“Nggak ada denahnya, jadi banyak yang tanya-tanya,” Ujar Pak Damami yang mengetahui banyaknya calon peserta yang mondar-mandir mencari tempat test di Lobby Gedung C Perikanan.

Beberapa diantara peserta bahkan harus putar balik lantaran salah gedung karena yang dituju adalah Auditorium FPIK yang lokasinya berada di kampus bagian selatan.

Salah seorang orang tua yang mengantarkan anaknya test pun ikut berkomentar.

“Kalau anak Undip mungkin sudah tahu (tempatnya-red). Tapi kalau yang dari luar Undip kan belum tahu,” Ujar Ibu Retno dari Wonosobo yang mengantarkan anaknya test.

Beruntung, meski tak ada denah, terdapat mahasiswa yang sudah datang ke kampus pagi hari untuk melakukan praktikum sehingga menjadi “penolong” bagi peserta test calon pegawai untuk mencari tempat sebelum waktu test tulis benar-benar dimulai. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -