FPIK Undip Tuan Rumah Rakernas HIMAPIKANI XIII

FPIK Undip Rakernas HIMAPIKANI

SEMARANG (KampusUndip.com) - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) tahun 2016, dengan tema “Fisheries In the Future of My Country”.

Agenda Rakernas diawali dengan Seminar yang bertajuk “Revitasliasai Kebijakan Perikanan Laut untuk Industrialisasi Perikanan Kelautan Indonesia” yang diselenggararakan di Auditorium FPIK, Undip Tembalang (19/9).

Acara yang diikuti oleh mahasiswa perwakilan dari 26 Universitas yang memiliki konsetrasi di bidang perikanan dan kelautan ini dalam seminarnya menghadirkan Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si selaku Plh Dirjend Perikanan tangkap KKP yang menyampaikan materi tentang Permasalahan dan Solusi Industrialisasi Perikanan Laut serta Ono Surono, Komisi IV DPR RI yang baru saja dilantik sebagai Masyarakat Perikanan Indonesia. Beliau mengangkat topik mengenai Legitimasi Kelautan Perikanan Indonesia. Kedua Pembicara tersebut dimoderatori oleh Alfabetian Harjuno Condro Hadi, S.Pi. M.Si.

Rakernas direncanakan digelar hingga empat hari dan diselenggarakan di Marine Station Teluk Awur, Jepara dan diakhiri dengan Field Trip mengunjungi Destinasi Wisata di Kota Jepara.

Ketua Panitia penyelenggara, Bagus putra Arditya menyampaikan bahwa, HIMAPIKANI  merupakan organisasi profesi yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat perikanan yang berkeadilan dan kerkemakmuran. “Sebagai komponen bangsa yang selalu sadar dan concern terhadap upaya peningkatan sumber daya manusia maka melalu forum ini HIMAPIKANI berkumpul merumuskan suatu langkah nyata dalam bentuk pemikiran yang konstruktif dan efektif sebagai kontribusi pembangunan perikanan Indonesia yang berbasis ekonomi masyarakat,” jelasnya seperti dilansir situs resmi Undip.

FPIK Undip Rakernas HIMAPIKANI


Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPIK, Dr. Ir. Suradi, MS,  juga berharap nantinya Rakernas ini akan menjadi Forum Penyatuan prinsip pelaksanaan program pembangunan sektor perikanan kelautan sehinggan mampu menciptakan dan mempersiapkan generasi yang unggul dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berekplorasi.

“Melalui Forum ini pula dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa kepada Masyarakat terhadap lingkungan peraian yang semakin hari semakin tidak terkendali kerusakan dan kepunahannya,” pungkasnya. (KUC/Ir/undip.ac.id)

- Ringan Mencerdaskan -