Pengaruh Kemajuan Teknologi Di Zaman Modern


Oleh : Adjna, Fakultas Teknik Undip 2015

Dari tahun ke tahun, kemajuan teknologi tentu saja semakin pesat. Tak sedikit dari mereka yang memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Namun, banyak pula dari mereka yang salah menggunakan kemajuan teknologi saat ini. Seperti yang kita tahu, teknologi banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam mencari infomarsi, resep makanan, maupun menjalin komunikasi dengan teman/saudara jauh.

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, banyak diantara kita yang tidak begitu kenal dengan orang-orang sekitar. Mengapa demikian? Karena kemajuan teknologilah yang menuntut kita tetap terpaku pada gadget yang berada di genggaman kita. Sedangkan, seharusnya kita tetap bercengkerama dengan orang-orang sekitar. Kita bisa saja mendapatkan informasi dari pembicaraan dengan orang lain. Tapi mereka justru memilih terpaku pada gadget mereka. Ada juga yang menggunakan kemajuan teknologi sebagai ladang bisnis.

Di zaman yang modern ini, orang-orang mengandalkan kesuksesan bisnis mereka dengan mempromosikannya lewat internet. Seperti yang kita tahu, ketika kita membuka internet, ada saja iklan bisnis yang terpampang pada halaman internet.

Dari 2 contoh di atas, dapat menggambarkan dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi.

Manfaatkanlah kemajuan teknologi dengan hal-hal yang positif saja bukan hal-hal negatif. Pedulilah dengan lingkungan sekitar. Karena dimulai dari kepedulian terhadap sesamalah, kita dapat mengerti arti dari kehidupan.