Undip Gandeng UNESCO Bangun Techno Park Berskala Internasional


SEMARANG (KampusUndip.com) – Universitas Diponegoro (Undip) akan membangun megaproyek Marine Science Techno Park (MSTP) berskala internasional. Guna merealisasikan hal tersebut, Undip menggandeng UNESCO untuk bekerjasama.

Kerjasama itu akan diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan, seperti pelatihan inkubasi industri berbasis maritim, pembuatan prototipe tata kelola pulau terpencil, dan konferensi internasional. Hal itu dikemukakan Wakil Rektor Bisnis dan Komunikasi Undip Budi Setiyono.

“Dalam kesempatan pertemuan dengan delegasi Undip, Country Director UNESCO Prof. Shahbaz Khan sangat antusias menjalin kerjasama dengan Undip dan akan membuat co-branding dalam beberapa kegiatan MSTP” tuturnya Budi sebagaimana dilansir situs www.undip.ac.id

Prof. Shahbaz mengemukakan bahwa UNESCO akan menghadirkan pakar pakar internasional untuk datang ke MSTP Undip di Jepara.

“Mereka mungkin berkunjung dalam jangka waktu tertentu dengan fasilitas UNESCO, sedang Undip menyediakan akomodasi lokal” ujar Prof Shahbaz.







Budi mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut pada bulan Januari 2017 nanti Undip-UNESCO akan mengadakan konferensi internasional dengan mendatangkan beberapa pakar dari luar negeri.

“Kerjasama dengan UNESCO tersebut diharapkan dapat menarik minat stakeholders internasional untuk mengambil peran dalam kegiatan-kegiatan MSTP. Selain UNESCO, Undip juga berencana menggandeng beberapa mitra dan investor dari Korea, Jepang dan Amerika Serikat.

MSTP Undip sendiri akan menempati kampus Teluk Awur Jepara seluas 52 Ha yang akan memiliki fasilitas berupa laboratorium kelautan, laboratorium perkapalan, inkubasi bisnis maritim, hatchery, tambak udang dan ikan, pusat konservasi mangrove, pusat jajanan laut, student dormitory, training center, dan terintegrasi dengan wisata bahari. (KUC/undip.ac.id)

#UndipMembangun
- Ringan Mencerdaskan -