10 Fakta Menarik Puncak ODM Undip 2016


Apa kabar Undip? Sehat? Semoga sehat bugar selalu ya. Kali ini KAMPUSUNDIP.COM akan menyajikan fakta menarik seputar puncak Orientasi Diponegoro Muda (ODM) tahun 2016. Meski sudah lewat, pastinya masih ada kenangan yang terpatri di hati donk, terutama angkatan 2016 (dan panitia yang sudah berjuang keras tentunya).

Nah, agar makin lengkap, yuk simak fakta menarik seputar puncak ODM 2016 yang digelar di Stadion Utama Kampus Undip Tembalang yang sudah KAMPUSUNDIP.COM sajikan spesial untuk pembaca setia :

1. ODM Pertama Yang “Disambut” Hujan
Mahasiswa angkatan 2016 pasti akan selalu mengingat yang satu ini. Sejarah mencatat, ODM tahun 2016 adalah ODM pertama di Undip yang “disambut” dengan hujan di pagi harinya. Sebelumnya, tak pernah ada hujan saat ODM. Bahkan, ODM setahun sebelumnya, yakni tahun 2015 kondisi cuacanya justru sangat panas. Bagaimana kondisi lapangan yang sangat kering kerontang dan terik kala itu lantaran cuaca yang panas. Sampai-sampai ada yang membawa payung. Silahkan tanya Om Google jika mau lihat foto-fotonya. Namun, dengan disambut hujan pada ODM 2016, kondisi cuaca cenderung menjadi sejuk setelahnya. Kalau pun panas tak se-ekstrim tahun sebelumnya. Kata ketua panitia itu berkah dari Tuhan. Patut disyukuri donk :)

2. Ethno Carnival
Sudah tahu Ethno Carnival itu apa? Ethno Carnival adalah sesi  yang menampilkan “kekayaan” dan keragaman Undip dengan segala keunikannya. Mulai dari UKM dengan atraksinya, Orda, dan tentunya, tokoh Pangeran Diponegoro yang menjadi ciri khas Undip.


Salah satu atraksi UKM Undip


3. Paling Colorfull
Hal yang paling ditunggu-tunggu dalam ODM pasti adalah seperti apa bentuk mozaik yang dibuat. Dari tahun ke tahun, mozaik ODM Undip terlihat kian colorfull, alias banyak warna. Bahkan mozaik ODM 2016 terdiri setidaknya atas 11 warna. Ini adalah warna terbanyak yang pernah digunakan sampai ODM edisi ke-3.


Mozaik Bunga Lotus (Foto : Panitia ODM 2016)


4. Mozaik Terindah
Tentu, dengan banyaknya warna, apalagi bentuk mozaik 2016 seperti bunga lotus, mozaik ODM 2016 adalah mozaik terindah yang pernah dibuat sampai edisi ke-3. Pasca ODM, banyak para netizen di media sosial yang kemudian menjadikan mozaik ini sebagai foto profil mereka.

5. Makan Pagi di Stadion
Tahukah anda bahwa para prajurit TNI Lanud Ahmad Yani Semarang yang menyajikan atraksi drumband, sebelum mereka tampil terlebih dahulu mereka makan pagi di tribun utama Stadion ketika mahasiswa tengah merapikan barisan. Pantas saja, atraksi mereka sangat energik dan mampu memukau seisi stadion.


Atraksi Drumband TNI Lanud Ahmad Yani Semarang


6. Maba Putri Lebih Banyak
Statement ini keluar dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir saat menyampaikan pidatonya karena melihat mahasiswa baru (maba) putri lebih mendominasi pandangannya. Dan sempat ditanyakan langsung ke Rektor Prof. Yos Johan Utama saat itu. Dan jawabannya sedikit lebih banyak sekitar 55 persen. Serius? ;)

7. Orasi Berbahasa Inggris
Ketua BEM Undip 2016, Fawaz Syaefullah, mengisi akhir pidatonya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Pidato berbahasa Inggris ini sempat membuat maba kagum. Terdengar dari suara mereka yang menandakan akan kekaguman diawal Fawaz berbicara. Ada yang masih ingat artinya apa?

8. Jumlah “Drone” Yang Mengudara
Saat ini, “drone” (pesawat tanpa awak) sepertinya sudah menjadi alat wajib yang harus ada setiap kali PMB seperti puncak ODM Undip. Terutama untuk mendokumentasikan formasi mozaik raksasa mahasiswa baru dari atas langit. Tahukah anda berapa jumlah drone yang mengudara selama puncak ODM Undip 2016? Jawabannya ada lebih dari 1 drone. Dan apakah anda juga tahu, berapa tarif sekali pakai sebuah drone? Dari info yang didapat KAMPUSUNDIP.COM, biayanya berkisar sekitar Rp 600 ribu. Serius? Serius. Memang tak murah. Tapi demikian kenyataannya. Dan feedback yang akan didapatkan memang tak sembarangan. Bisa memotret dari atas ketinggian yang mustahil dilakukan manusia tanpa bantuan alat apapun. Kecuali dia sudah memakai baju besi Iron Man yang bisa membawanya terbang bebas ke mana saja.


Drone saat mengudara (tanda panah)


9. Gapura Castil
Fakta menarik selanjutnya adalah gapura selamat datang yang tampak mirip seperti bangunan istana atau castil. Memang sangat cocok dengan tema yang diusung dalam ODM Undip 2016, astha brata. Bentuknya pun unik serasa seperti berada di zaman kerajaan.


Gapura Selamat Datang ODM Undip 2016


10. Pertama Kali Disebut
Dari sekian media partner yang ada dalam ODM 2016, tahukah anda media partner mana yang pertama disebut oleh MC? Yupz, jawabannya adalah portal berita kesayangan kita bersama, KAMPUSUNDIP.COM “Ringan Mencerdaskan”. Meski masih muda dan baru sekitar 1 tahun usianya, KAMPUSUNDIP.COM sudah dipercaya dan diminta menjadi media partner resmi event kaderisasi mahasiswa terbesar di Jawa Tengah. Terimakasih panitia. Terimakasih juga untuk yang sudah foto bersama kami… ^^


Terimakasih sudah foto bareng :)


Itu tadi fakta-fakta menarik seputar puncak ODM Undip 2016 versi KAMPUSUNDIP.COM. Semoga bermanfaat.Yuk cintai almamater. Semoga ilmu yang didapatkan selama kuliah di Kampus Undip bisa bermanfaat untuk sesama dan lingkungan sekitar. Salam…. :)

KAMPUSUNDIP.COM
- Ringan Mencerdaskan -