Anda Mahasiswa Yang Bagaimana?


Oleh : Arif Wildan Al Hakim, HMM D3 FT Undip 2015

Halo mahasiswa baru, apa kabar? Gimana pengalaman pertama kali masuk kuliah anda? Susahkah anda untuk beradaptasi atau anda dengan mudah melebur dengan kondisi yang ada? Lalu…. Setelah anda masuk pertama kuliah,apa hal pertama yang anda cari dan lakukan? Apa cuma kuliah pulang (KUPU), kuliah rapat (KURA), kuliah dagang (KUDA) atau hanya ilmu saja yang anda cari? Terserah, itu semua pilihan anda.

Beberapa waktu lalu kita telah kedatangan mahasiswa baru di setiap universitas masing – masing. Dengan adanya mahasiswa baru pastilah ada suatu pemikiran inilah calon – calon generasi penerus bangsa untuk dua atau tiga puluh tahun ke depan. Ya, memang benar pemikiran tersebut.

Namun seiiring berjalannya waktu mahasiswa baru tersebut akan menentukan type kuliah nya sendiri, mau KUPU, KURA, atau pun KUDA itu akan menjadi sebuah pilihan bagi anda yang saat ini menyandang gelar mahasiswa baru.

Apa yang anda cari ketika anda kuliah? Apa yang sekarang atau kedepannya akan anda berikan kepada diri anda, teman, keluarga, atau BANGSA INI !!!

Melihat fenomena mahasiswa sekarang ini tidaklah heran jika kualitas mahasiswa sekarang dengan dulu berbeda. Sedikit kita mengerucut terhadap fenomena yang sangat menarik. Ya, adalah fenomena mahasiswa kupu – kupu atau yang sering dikenal dengan mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang.

Ketika anda telah menjadi seorang mahasiswa, secara otomatis anda bukanlah seorang peserta didik lagi seperti ketika anda belajar dari SD hingga SMA/SMK yang hanya mendengar penjelasan dari seorang pahlawan tanpa tanda jasa, mengerjakan tugas dan UJIAN. Mahasiswa juga bukan hanya sekedar mencari ilmu dalam ruangan dan mendengar ceramah dari seorang dosen ternama, tapi lebih dari itu.

INGAT !!! Mahasiswa adalah agent of change, social control, iron stock, dan moral force, yang perlu dicari yaitu softskill yang hanya didapatkan ketika anda memilih menjadi sorang mahasiswa yang aktif atau berorganisasi. Lalu bagaimana dengan mahasiswa kupu – kupu ??

Terdapat dua persepsi, pertama mahasiswa tersebut menjadikan kuliah sebagai rutinitas sehingga ketika tidak ada jadwal perkuliahan dia pulang dan mahasiswa yang ikut berorganisasi namun hanya numpang nama saja tapi tak pernah memperlihatkan batang hidungnya.

Ada sedikit catatan bahwa ketika anda kuliah dengan berada didalam ruang saja. Sungguh mahasiswa tersebut sangatlah merugi.

“Kuliah anda adalah didalam ruangan dan diluar ruangan kuliah. Kalau anda disebut aktif, maka jangan hanya aktif diluar kuliah, tapi juga aktif didalam ruang kuliah, anda merugi jika hanya belajar didalam kelas saja“ (kutipan pesan Anies Baswedan).

Lihatlah mahasiswa lulusan (terbaik) negeri ini yang berbasic mahasiswa kupu – kupu dan mahasiswa berbasic organisasi (aktif ya broo), terdapat muka menyesal atau selow-selow saja alias tenang menghadapi situasi kedepan pasca lulus kuliah.

Mereka – mereka yang banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat maupun kondisi sekitar. mereka yang menjadi seseorang berpengaruh, mereka yang mendorong kemajuan, mereka yang mengerti arti sejati kepemimpinan adalah mereka – mereka yang semasa kuliah tidak hanya menghabiskan kuliah didalam kelas saja, tapi juga diluar kelas .

JADILAH MAHASISWA YANG AKTIF DALAM SEGALA HAL BAIK DIDALAM MAUPUN DILUAR, “KARENA IP TINGGI HANYA AKAN MENGANTARKAN ANDA PADA PANGGILAN WAWANCARA . KEPEMIMPINAN, GAYA BERKOMUNIKASI, KEMAMPUAN ANALITIK dan SELEBIHNYA ITU ADALAH PRIBADI ANDA YANG SEBENARNYA”.

Salam hangat dari saya yang mengisyaratkan kepada seluruh mahasiswa negeri ini untuk menjadi lulusan mahasiswa yang berkompeten, bukan hanya hardskill tetapi juga softskill. “Jangan Tanyakan Apa Yang Telah Negara Berikan Kepadamu, Tapi Tanyakan Apa Yang Telah Engkau Berikan Kepada Bangsamu“.

HIDUP MAHASISWA !!!! HIDUP RAKYAT INDONESIA !!!!