Puncak ODM 2016, Ribuan Maba Tumpah Ruah di Stadion Undip


SEMARANG (Kampusundip.com) – Rangkaian Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Undip tahun 2016 akhirnya resmi ditutup dalam acara puncak yang digelar di Stadion Kampus Undip Tembalang, Semarang, Minggu (14/8).

Sebelumnya, mereka menjalani rangkaian kegiatan PMB dan Pendidikan Karakter di fakultas masing-masing. Sebagaimana yang sudah diberitakan, Undip menerima sebanyak 9.897 mahasiswa baru pada tahun 2016.

Sejak pukul 06.00 WIB pagi, para mahasiswa baru (maba) untuk sudah dianjurkan untuk datang ke stadion sebagaimana surat edaran dari kampus untuk melakukan gladi bersih. Selain itu, para maba juga datang pagi untuk membuat formasi mozaik di tengah lapangan.

Dalam pembuatan mozaik ini kondisi cuaca sempat turun hujan yang membuat beberapa kertas asturo maba robek. Meski begitu, pembuatan mozaik dengan di potret menggunakan drone akhirnya bisa diselesaikan.

Usai pembuatan mozaik, para maba lalu berteduh di area stadion. Setelah hujan reda keadaan sudah tidak turun hujan, rangkaian puncak ODM 2016 yang mengusung tema “Realisasi Astha Brata Dalam Jiwa Diponegoro Muda Untuk Undip Menuju Golden Era” ini dilanjutkan kembali sekitar Pukul 08.30 WIB.

Hadir dalam puncak ODM ini Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama didampingi para Wakil Rektor, lalu Wakil Ketua Umum IKA Undip Muh. Marwan, Menristekdikti Muhammad Nasir, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama berkesempatan membuka puncak ODM 2016 dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Prof. Yos mengatakan bahwa Undip merupakan salah satu universitas yang banyak melahirkan pemimpin di negeri ini. Sehingga para maba harus bangga bisa masuk Undip dan diharapkan bisa mencontohnya.

Sementara itu, Menristekdikti M. Nasir dalam pidatonya mengajak para maba untuk belajar giat. Jika perlu sampai kuliah ke luar negeri karena sekarang sudah era global. Nasir pun menghimbau kepada maba Undip nantinya bisa lulus dengan nilai TOEFL minimal 550 agar bisa bersaing di kancah global.

“Minimal lulus dengan TOEFL 550,” Ujar menteri yang juga pernah sesaat menjadi rektor Undip itu di hadapan maba 2016 yang memenuhi stadion.

Dalam upacara ini pula, turut menampilkan parade Pangeran Diponegoro yang diikuti organisasi daerah dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), orasi ketua BEM Undip dan fakultas, perkusi Sakutala Planologi Undip dan yang tak kalah hebat tentunya atraksi dari Drumband Lanud TNI AD Ahmad Yani Semarang.



















Puncak ODM Undip 2016 ini akhirnya resmi ditutup sekitar Pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan penerbangan balon ke udara dan flashmob bersama-sama. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -