14 Fakta Sejarah PIMNAS Yang Wajib Kamu Ketahui

Fakta Sejarah PIMNAS

PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Ajang ini rutin digelar tiap tahun di kampus yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Berikut beberapa fakta tentang sejarah PIMNAS yang wajib diketahui :

1. Cikal Bakal
Cikal bakal PIMNAS bermula dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP) mahasiswa yang pertama kali digelar di Universitas Indonesia (UI) tahun 1980 silam.

2. Nama Awal PIMNAS
Sebelum bernama PIMNAS, ajang kompetisi ini bernama Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM).

3. “PIMNAS” Perdana
Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) pertama digelar di Universitas Indonesia (UI) tahun 1988 yang kemudian dihitung menjadi “PIMNAS” perdana.

4. Nama PIMNAS Resmi Dipakai
Istilah PIMNAS pertama kali dipakai saat ajang ini digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor tahun 1990 (PIMNAS ke-3).

5. Asal Logo PIMNAS
Logo PIMNAS berupa 5 lidah api merah menyala berasal dari Universitas Diponegoro (Undip) yang dibakukan saat Undip menjadi tuan rumah PIMNAS ke-11 tahun 1998.

6. Karya Dosen Arsitektur
Logo PIMNAS berupa 5 lidah api merah menyala merupakan karya dari salah satu dosen terbaik Undip dibidang arsitektur. Logo tersebut lalu dibakukan tahun 1998 dan terus dipakai setiap kali pergelaran PIMNAS hingga kini.

7. PIMNAS di 3 Kampus Sekaligus
PIMNAS ke-7 tahun 1994 menjadi PIMNAS pertama yang digelar di 3 kampus sekaligus (IKIP Bandung, ITB dan UNPAD Bandung)

8. Tuan Rumah Luar Jawa
Universitas Lampung (UNILA) Bandar Lampung (Sumatra) merupakan kampus pertama di luar Pulau Jawa yang menjadi tuan rumah PIMNAS (PIMNAS ke-4 tahun 1991).

9. Tidak Ada Juara Umum
Selama 16 edisi awal dari tahun 1988 sampai 2003, tidak ada Juara Umum di ajang PIMNAS.

10. Pertama Kali Memakai Juara Umum
Format Juara Umum baru ada pada edisi PIMNAS ke-17 tahun 2004 saat digelar di Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT-Telkom) Bandung.

11. Juara Umum Perdana
IPB adalah kampus pertama di Indonesia yang menjadi Juarai Umum PIMNAS (PIMNAS ke-17 tahun 2004).

12. Juara Umum Beruntun Pertama
IPB adalah kampus pertama di Indonesia yang menjadi Juara Umum PIMNAS 2 kali berturut-turut (PIMNAS ke-18 tahun 2004 dan ke-19 tahun 2005).

13. Tuan Rumah Sekaligus Juara Umum
Universitas Brawijaya (UB) adalah kampus pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah sekaligus tampil sebagai Juara Umum PIMNAS di tahun yang sama (PIMNAS ke-22 tahun 2009).

14. Tuan Rumah 2 Kali Pertama
Universitas Lampung (UNILA) Bandar Lampung merupakan kampus pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah PIMNAS 2 kali (PIMNAS ke-4 tahun 1991 dan ke-20 tahun 2007).

Oleh :
Aji Kurniawan AP
Jurusan Ilmu Kelautan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Diponegoro Semarang

#KawalPIMNAS

Referensi :
Kemahasiswaan Dikti | pimnas.umy.ac.id | Pidato Prof. Sudharto di PIMNAS 27 Undip

- Ringan Mencerdaskan -