Calon Maba Undip, Lakukan 12 Hal Ini Saat Daftar Ulang di Soedarto


Daftar ulang merupakan prosedur wajib yang harus diikuti calon mahasiswa baru yang diterima di Undip. Kegiatan ini berisi verifikasi & registrasi administrasi, test buta warna, test kesehatan, dan sebagainya. Di Undip, kegiatan daftar ulang salah satunya dipusatkan di Gedung Prof. Soedarto, S.H Kampus Undip Tembalang. Dan buat calon mahasiswa baru yang akan daftar ulang, berikut beberapa hal yang layak kamu lakukan :

1. Lengkapi Berkas
Berkas daftar ulang hendaknya sudah lengkap sesuai dengan yang telah ditentukan sebelum menuju Prof. Soedarto, S.H. Jika perlu buat rangkap/lebih sehingga kamu tak perlu muter-muter lagi untuk print ulang dokumen atau pas photo jika sewaktu-waktu diperlukan.

2. Datang Lebih Pagi
Datang ke Prof. Soedarto lebih pagi dari jadwal akan membuat kamu mendapat antrean lebih awal dan membuat proses daftar ulangmu bakalan lebih cepat tanpa harus menunggu lama untuk masuk ke dalam gedung.

3. Persiapkan Diri, Pakaian Rapi
Kamu yang datang ke Prof. Soedarto, S.H untuk daftar ulang persiapkan diri semaksimal mungkin. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan.

4. Tenang dan Rileks
Saat kamu sudah masuk gedung, tidak perlu merasa bingung nanti seperti apa tahapannya. Ikuti saja alur prosedur yang ada. Di dalam ruangan sudah ada kakak-kakak yang akan setia membantu.

5. Hafalkan Sayap Kanan-Kiri
Di gedung Prof. Soedarto, S.H kamu bakalan mendengar istilah “bagian sayap kanan” dan “bagian sayap kiri”. Hal ini lantaran gedungnya yang simetris (sisi kanan kiri sama) sehingga dibedakan dengan istilah tersebut. Ketahui pula arah mata angin. Ini wajib kamu hafal biar nggak bingung sewaktu berada di sana.

6. Bertanyalah
Jika kamu perlu sesuatu yang ingin ditanyakan, tanyakanlah. Jika kamu melihat mbak-mbak dan mas-mas gagah berdiri tegap dengan pakaian seperti tentara dan berjaga, mereka bukan sekedar untuk itu. Meski terlihat kekar kayak bodyguard, mereka juga kakak-kakak ramah yang bisa menjadi tempat bertanya bagi kamu yang ingin tahu informasi daftar ulang. Misal daftar ulang sampai jam berapa, keluar masuk lewat mana, dimana bisa istirahat, dan sebagainya.

7. Bergaul
Jika kamu harus antre, tidak ada salahnya sambil menunggu masuk ruangan kamu bergaul dan kenalan dengan sesama maba yang ada disamping kanan kiri depan belakangmu. Tentu dengan adab yang sopan dan santun. Tukar CP dan sebagainya. Lumayan tuh buat nambah teman kuliah sejak awal. Dari pada bengong sendiri.

8. Kunjungi Stand
Hal yang satu ini layak kamu coba. Yakin deh. Setelah daftar ulang selesai, coba luangkan waktu sebelum balik buat berkunjung ke stand yang ada di luar gedung Prof. Soedarto, S.H. Jangan takut bayar. Kalau sekedar berkunjung gratis kok. Disitu, kamu bakalan menemukan banyak info bermanfaat buat kuliah di Undip. Ada stand BEM, Senat, UKM, Orda, dan sebagainya yang patut kamu kunjungi. Di moment ini pula 99,99% untuk pertama kalinya kamu bakal bertemu langsung sama kakak-kakak dan organisasi Undip yang sebelumnya hanya bisa kamu rasakan lewat media sosial.

9. Jaga Kebersihan
Buat seluruh pengunjung Prof. Soedarto, S.H harap tidak membuang sampah sembarangan ya. Jaga kebersihan. Ok!

10. Abadikan Moment
Kamu bakalan nemuin banyak hal yang hanya bisa kamu jumpai ketika daftar ulang di Prof, Soedarto. Kamu bisa mengabadikan moment tersebut karena ini adalah langkah awal kamu kuliah. Siapa tahu, kelak foto itu akan jadi kenangan terindah di masa yang akan datang. #Ciyeee…

11. Cari Tempat Tinggal
Manfaatkan juga untuk mencari tempat tinggal selama kuliah. Saat daftar ulang di Prof. Soedarto S.H kamu bisa menemukan info tempat tinggal (wisma, kost, kontrakan) dari kakak-kakak di stand. Atau jika mau ke Rusunawa Undip. Atau selagi kamu sedang di sekitar Undip, ketika selesai daftar ulang jangan langsung pulang, tapi sekalian cari tempat tinggal. Mumpung sedang di Semarang. Daripada pulang tapi harus balik lagi ke Semarang di kemudian hari.

12. Berterimakasih Ke Ortu/Keluarga
Penting nih. Kamu wajib berterimakasih ke ortu/keluarga karena tanpa mereka, tidak mungkin kamu bisa sampai menjejakkan kaki di Kampus Undip. Mereka setia menunggumu berjam-jam, diantara ratusan bahkan ribuan orang yang lalu lalang dengan segala kondisi cuaca sampai kamu selesai daftar ulang. Berterimakasih dan berkomitmenlah untuk bisa membahagiakan orang tua/keluarga karena telah setia mendampingimu sampai akhirnya bisa kuliah. Ingat, tak semua orang bisa kuliah lho. Jadi, jangan lupa bersyukur ya.

Itu tadi 12 hal yang layak kamu lakukan ketika daftar ulang di Prof. Soedarto, S.H. Semoga bermanfaat. Selamat datang di Kampus Undip :)

Oleh :
Aji Kurniawan AP
Jurusan Ilmu Kelautan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Diponegoro Semarang

KAMPUSUNDIP.COM
- Ringan Mencerdaskan -