UnEP, Energi Listrik Hemat Dan Praktis Karya Mahasiswa Undip


SEMARANG (Kampusundip.com) - Pada masa  kini manusia tidak bisa hidup tanpa listrik, listrik merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia, tanpa listrik manusia akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi, masih banyak pedesaan di Indonesia yang belum terjangkau listrik. Menurut Direktur Operasi Jawa-Bali PT PLN (Persero), Ngurah Adyana, di Indonesia saat ini masih ada 10.211 desa yang gelap gulita saat malam hari, desa-desa tersebut sampai hari ini belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN. Jumlah itu kurang lebih 13% dari total seluruh desa di Indonesia yang mencapai 72.944 desa/kelurahan hingga akhir 2012. Selain itu, penggunaan listrik negara di daerah yang sudah terjangkau listrik secara terus menerus akan menyebabkan krisis energi terutama sumber energi fosil. Oleh karena itu, perlu diciptakannya suatu terobosan baru pembangkit listrik yang dapat mencegah krisisnya sumber energi fosil di Indonesia.

Tim yang bergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC) yang beranggotakan Iqbal Julianda, Dina Lutfiana Safitri, Hafiz Rama Devara, Dwi Luthfi Ainun Ilmi, dan Syaiful Anwar, membuat suatu inovasi pembangkit listrik UnEP (Unlimited Elektrik Power) yang menggunakan sistem loop sehingga menghasilkan energi listrik yang lebih lama jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan sistem loop.

Alat ini menggunakan aki sebagai sumber energi dan menerapkan sistem loop yang memadukan energi gerak dan energi listrik sehingga energi listrik yang dihasilkan lebih lama jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan sistem loop. Harapannya dengan menggunakan UnEP ini, dapat mengurangi krisis energi fosil di Indonesia dan wilayah pedesaan yang masih belum terjangkau listrik dapat menikmati energi listrik.

Tim yang dibimbing oleh Dra. F. Sri Nugraheni S, M.Kes dosen D3 teknik kimia UNDIP ini mendapatkan dana penelitian dari DIKTI. Kelebihan alat ini dibandingkan alat lainnya yaitu tidak menimbulkan polusi udara, mudah dibawa kemana mana, dan energi listrik yang dihasilkan lebih lama jika dibandingkan dengan alat yang tidak menggunakan sistem loop. (KUC/ Hafiz Rama)

- Ringan Mencerdaskan -