Tim PKM Undip Formulasikan Daun Jeruk Nipis Jadi Obat Kutu Kepala


SEMARANG (Kampusundip.com) - Anak bangsa merupakan aset berharga bagi bangsa Indonesia. Hal yang sangat penting jika negara dapat menjaga kualitas anak bangsanya, salah satunya dari segi kesehatan. Kesehatan merupakan indikator kesejahteraan suatu bangsa. Melihat fenomena saat ini, yaitu 40 % penderita kutu kepala didominasi oleh anak usia kurang dari 12 tahun,hal inimemberikan gambaran bahwa penerapan hidup sehat dan cara mengatasi masalah kesehatan yang belum sepenuhnya efektif. Perlunya mengatasi masalah kesehatan, terutama kutu kepala pada anak merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan.

Tahun 2015, mahasiswa Undip temukan inovasi baru untuk membasmi kutu kepala.  Mahasiswa undip yang beranggotakan, Mustika Suci Susilastuti, Nurul Inayati, Syifa Maulina Indika, Nurul DiniHanifa, dan Nabiila Kaltsum Ulayya memberikan terobosan baru lewat PKM-P Dikti 2015 yaitu formula obat herbal alami dari ekstrak daun jeruk nipis dan minyak kayu putih olahan sebagai solusi aman membasmi kutu kepala. Formula ini menjadi lebih efektif dan cepat membasmi kutu kepala dengan memanfaatkan hair steamer sebagai media penguapan ekstrak. Inovasi ini telah terbukti dapat mematikan kutu kepala hingga larvanya.

Ekstrak daun jeruk nipis digunakan sebagai obat kutu kepala karena mengandung senyawa limonoid. Limonoid berfungsi sebagai insektisida yang menghambat regulasi pertumbuhan serangga, serta merupakan larvasida alami yang mampu membunuh larva insekta (kutu). Sedangkan minyak atsiri kayu putih yang memiliki kandungan sineol, beraroma khas menyengat sehingga tidak disukai kutu. Pengobatan kutu kepala dilakukan dengan penguapan ekstrak menggunakan hair steamer karena membutuhkan waktu yang singkat dan lebih praktis. Ekstrak juga langsung dapat meresap ke dalam kulit kepala. “Perlakuan suhu pada hair steamer akan mempercepat kematian kutu dan proses meresapnya ekstrak ke kulit kepala, hal ini yang menjadi inovasi kami di mana pengobatan yang kami lakukan sudah dalam bentuk praktis, memudahkan perawatan kulit kepala dan rambut, seperti pada treatment creambath di salon” ujar Mustika sebagai ketua tim penelitian PKM ini.

Hasil penelitian membuktikan bahwa formula uap ekstrak daun jeruk nipis yang dikombinasikan dengan minyak kayu putih olahan dapat membunuh kutu dewasa dan telurnya. Kematian kutu dewasa (ditandai dengan tidak adanya pergerakan anggota tubuh) dan telur kutu (operculum pada telur kutu menutup). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat mortalitas kutu dewasa 95% dan telur kutu 90% dari jumlah keseluruhan sampel uji.  Hal ini membuktikan bahwa konsep pengobatan dengan formula bahan alami berbasis hair steamer ini dapat digunakan dalam mengobati kutu kepala. “Harapannya keberhasilan penelitian kami ini dapat diterapkan kedepannya bagi masyarakat umum, khususnya anak-anak dalam mengobati kutu kepala. Penelitian ini dapat menjadi solusi pengobatan alami tanpa efek samping bagi penderita” ungkap Hanifa. (KUC/ Tim PKM Nabiila)

Foto lainnya:



- Ringan Mencerdaskan -
LINE : 
https://line.me/ti/p/%40mfz4715g