Pemanfaatan Kitosan Limbah Sisik Ikan Sebagai Antibakteri Alami Hand Sanitizer


 Hand sanitizer adalah pembersih tangan tanpa air yang dikenal dengan pembersih tangan antiseptik. Cara pemakaiannya dengan diteteskan pada telapak tangan, kemudian diratakan pada permukaan tangan. Produk hand sanitizer ini mengandung antiseptik yang digunakan untuk membunuh kuman yang ada di tangan, terdiri dari alkohol dan triklosan.Akan tetapi, triklosan sebagai antibakteri dirasa kurang aman bagi kesehatan karena triklosan merupakan suatu bahan kimia yang dapat membentuk dioksin dan dapat memicu perkembangan kanker. Triklosan juga merupakan salah satu polutan yang mencemari lautan dan memicu resistensi pada beberapa mikrobia. Sehingga perlu dicari zat antibakteri lain yang aman dan efektif.

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Perikanan Indonesia memiliki peran yang penting karena wilayah negaranya terdiri dari lautan yang memiliki kekayaan potensial berupa sumber daya alam hayati terutama hasil perikanan. Salah satu hasil melimpahnya laut adalah ikan. Pada umumnya ikan memiliki sisik yang mengandung kitosan. Kitosan adalah produk alami dari kitin, polysaccharide pada exoskeleton ikan.

Kitosan mempunyai gugus aktif yang akan berikatan dengan mikroba maka kitosan mampu menghambat pertumbuhan mikroba. Melihat melimpahnya ketersediaan sumber daya yang ada, maka penelitian ini mencoba mengisolasi dan menguji potensi kitosan yang ada dalam sisik ikan sebagai antibakteri dari bahan alami pengganti triklosan.

Selain itu, pada hand sanitizer juga ditambahkan aromaterapi dari isolasi essensial oil kulit jeruk yang sudah tidak dipakai .Tujuan pemakaian limbah kulit jeruk  karena mudah di dapat dan juga dapat memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Sehingga, dengan memanfaatkan limbah sisik ikan ,serta limbah kulit jeruk maka terciptanya pembersih tangan yang aman, praktis, beraromaterapi serta memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit. (KUC/Tim PKM Undip)

Disusun oleh :
Mastho’ah (2014), Tantri Neviastuti (2014) Yulanda Ningsih (2014) Meta Dian Arini (2013)
Jurusan Kimia
Fakultas Sains dan Matematika

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : 
https://line.me/ti/p/%40mfz4715g