Mahasiswa Undip Petakan “Fishing Ground” di Mangunharjo Semarang


SEMARANG (Kampusundip.com) – Mahasiswa Oseanografi Universitas Diponegoro (Undip) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Nelayan Mangunharjo Semarang. Tim tersebut tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) yang di danai RISTEK DIKTI tahun 2016.

Tim yang terdiri dari Inovasita Alifdini (Oseanografi 2013), Ratu Almira Kismawardhani (Oseanografi 2013), Argo Galih Suhadha (Oseanografi 2013), Siti Zubaedah (Oseanografi 2014), dan Naeli Nulaini (Oseanografi 2014) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan penentuan daerah tangkapan ikan (fishing ground).

Dengan dibimbing oleh Dr. Denny Nugroho Sugianto, mereka melakukan kegiatan pengabdian dengan judul “Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kecil di Kecamatan Tugu Kelurahan Mangunharjo Semarang Menggunakan Citra Satelit Aqua Modis”.

Kegiatan ini telah berlangsung mulai bulan Maret tahun 2016. Pada 15 hingga 17 April 2016, tim ini telah berhasil memperkenalkan penggunaan peta fishing ground beserta alat pendukungnya (GPS dan Fish Finder) dengan cara memberikan sosialisasi kepada kelompok nelayan Saroyo Mino. Selain itu, tim PKM ini juga langsung mengimplementasikan petaini di laut, dengan cara melakukan pendampingan bersama nelayan saat melaut. Adapun hasil tangkapan yang diperoleh dalam 1 perahu mencapai 40 kilogram.

Menurut Inovasita (21/4/2016) yang juga ketua tim PKM ini, diharapkan melalui pengenalan penggunaan peta beserta alat-alat pendukungnya, dapat mempermudah nelayan untuk menemukan lokasi fishing ground. Ke depannya, tim ini akan membuat sebuah buku berupa kumpulan peta fishing ground. Selain itu, agar project ini terus berkelanjutan, tim PKM juga akan memberikan pelatihan kepada anak-anak nelayan mengenai cara membuat peta fishing ground menggunakan citra satelit. (KUC/InovasitaAlifdini)

Foto lainnya:






- Ringan Mencerdaskan -