Mahasiswa Undip Kembangkan Buah Petai Sebagai Solusi Awet Muda


SEMARANG (Kampusundip.com) - Indonesia adalah salah satu negara tropis, yang kaya akan sumber daya alam. Berbagai jenis flora tumbuh di Indonesia dengan manfaat yang sangat beragam, salah satunya adalah buah petai (Parkia speciosa). Akan tetapi, tidak jarang pula kita temui orang yang anti memakan buah petai dikarenakan baunya yang tidak sedap. Bau menyengat yang khas pada buah petai memang telah menimbulkan banyak masalah kontroversial.

Masih sedikit yang tahu di kalangan masyarakat Indonesia manfaat yang tersembunyi dari buah petai ini, seperti buah petai ini bisa digunakan untuk bahan kosmetik. Kandungan protein nabati dalam buah petai ini empat kali lebih banyak dari pada kandungan protein nabati pada buah apel dan juga vitamin C yang terkandung di dalam buah petai ini dapat membantu menenangkan syaraf dan meregenerasikan kulit, sehingga kulit terlihat kencang dan awet muda.

Untuk itu, mahasiswa dari Teknik Kimia Universitas Diponegoro melalui Program Kreatifitas Mahaiswa (PKM) bidang penelitian yang beranggotakan Latif Usman, Qurrotun A’yuni Khoirun Nisa’, Indahsari Kusuma Dewi, Sri Fredlina Gulo, dan Alvin Michael membuat sebuah inovasi baru yaitu BALON TRAP (Bahan Lotion Ekstrak Petai).

Penelitian ini dilakukan di laboratorium dengan prosedur yang telah ditentukan dengan pengekstrakan vitamin C dengan metode leaching yang menggunakan soklet. Berdasarkan hasil penelitian dengan metodenya, penelitian ini dapat membuat terobosan baru pada pemanfaatan buah petai di kalangan masyarakat. (KUC/Tim PKM Undip)

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : 
https://line.me/ti/p/%40mfz4715g