Mahasiswa Undip Ciptakan Puzzle Braille Untuk Tunanetra


SEMARANG (Kampusundip.com) - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) menghasilkan inovasi media alat bantu berupa Puzzle Braille Untuk Anak Tunanetra atau yang disingkat dengan MENANTU PANTURA. Media inovasi ini diciptakan untuk membantu anak tunanetra dalam meningkatkan kemampuan membaca. Sekilas puzzle ini memiliki kesamaan seperti puzzle pada umumnya namun yang membedakannya adalah puzzle ini dilengkapi dengan huruf braille serta terdapat pegangan pada setiap keping puzzlenya yang memudahkan anak dalam membaca setiap huruf pada masing-masing keping puzzle.

Selain dapat meningkatkan kemampuan membaca, MENANTU PANTURA yang diciptakan oleh Meiska Yusrona Kamila, Saktiari Marieta, Alania Fitri, Dana Bestari dan Nicho Alinton Sianipar mahasiswa Fakultas Psikologi disebut juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.



Ide awal pembuatan MENANTU PANTURA ini muncul karena melihat program pembelajaran SLB-A di Indonesia masih dilakukan dengan cara sederhana dan kurang menarik, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mempermudah proses belajar pada anak tunanetra.

Kegiatan selanjutnya dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus mengenai strategi media pembelajaran yang efektif dan inovatif yang mudah digunakan dan menarik bagi anak tunanetra sehingga meminimalisir rasa jenuh dalam proses pembelajaraan membaca. (KUC/Tim PKM Undip)

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : 
https://line.me/ti/p/%40mfz4715g