LIRUM SAMURAI, Lilin Pengusir Nyamuk Dari Ekstrak Serai


SEMARANG (Kampusundip.com) - Nyamuk merupakan serangga yang tidak hanya menghisap darah, namun juga dapat menimbulkan penyakit seperti demam berdarah atau malaria. Tidak hanya di perkebunan atau taman, nyamuk juga dapat mengganggu manusia didalam rumah. banyak cara yang dapat digunakan untuk menghindari gigitan nyamuk mulai dari membasmi nyamuk dengan menggunakan semprotan pembunuh serangga, hingga menghindari gigitannya dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Namun cara-cara diatas masih memiliki kekurangan yang dapat merugikan seperti keracunan atau iritasi pada kulit.

Berangkat dari permasalahan  itulah muncul ide produk inovatif dari program kreativitas mahasiswa Undip bidang kewirausahaan yaitu LIRUM SAMURAI (Lilin Pengharum Ruangan dan Pengusir Nyamuk dari Ekstrak Serai) yang diketuai Celine Oktiani dan beranggotakan Herliana Endang Supriyatini, Santi Tri Rahayu, Wahyu Kusgianto dan Adriana Rizki Novita dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Produk ini berbeda dengan pengusir nyamuk pada umumnya karena Lirum Samurai merupakan produk terobosan baru dari perkembangan produk-produk pengusir nyamuk sebelumnya dan merupakan alternatif terbaik untuk mengganti obat nyamuk yang terkadang dalam penggunaannya dapat mengeluarkan asap hitam, mengandung zat-zat berbahaya, dan menyebabkan sesak nafas karena konsentrasi asap pembakaran yang tidak sempurna. Disamping itu Lirum Samurai juga mengandung ekstrak serai yang selain menimbulkan aroma terapi yang menenangkan juga mengandung zat Geraniol dan Sitronelal yang merupakan bahan aktif yang tidak disukai dan sangat dihindari oleh nyamuk.



Keunggulan lain yang dimiliki produk ini adalah ukurannya yang kecil sehingga sangat fleksibel untuk ditempatkan di manapun seperti di ruang tamu rumah, ruang kerja, ruang makan, kamar tidur dan ruangan pribadi sekalipun. 

”Usaha ini sudah dimulai tiga bulan yang lalu dan mendapat apresiasi yang baik dari para penggemar lirum samurai karena mereka bisa menikmatinya dengan harga yang terjangkau dan terbukti berkhasiat untuk mengusir nyamuk dengan aroma terapi yang menenangkan.” Ungkap Celline.

Diharapkan dengan adanya produk ini masyarakat mampu menemukan obat pengusir nyamuk yang efektif, aman, nyaman dan terjangkau sehingga mampu mengurangi jumlah kejadian DBD yang ada di Semarang khususnya dan wilayah Indonesia pada umumnya. Selain itu juga untuk meningkatkan nilai ekonomis dan manfaat dari serai dan melatih mahasiswa untuk berwirausaha menjadi seorang young enterpreneur. (KUC/Adriana Rizki Novita)

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : https://line.me/ti/p/%40mfz4715g