Asli Undip, Kue “Ku Cubit Dasi Sehati” Pencegah Hipertensi


SEMARANG (Kampusundip.com) - Sampai saat ini, hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia karena seringnya ditemukan pada pelayanan kesehatan primer. Berdasarkan Riskesdas tahun 2013, prevalensi hipertensi di Indonesia sekitar 25,8 persen, laki-laki 22,8 persen dan perempuan 28,8 persen. Di samping itu, pengontrolan hipertensi belum adekuat meskipun obat-obatan yang efektif banyak tersedia. Hasil penelitian sporadis di 15 Kabupaten/ Kota di Indonesia, yang dilakukan oleh Felly PS, dkk (2011-2012) dari Badan Litbangkes Kemkes, memberikan fenomena 17,7% kematian disebabkan oleh Stroke dan 10,0% kematian disebabkan oleh Ischaemic Heart Disease. Dua penyakit penyebab kematian teratas ini, soulmate factor nya adalah Hipertensi.

Tim yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM K) yang beranggotakan Emi Puji Nur Wijayanti, Vonty Sulistyo Indah S, Naily Rahma Sari, dan Rahmah Putri Sunarno membuat suatu inovasi berupa kue cubit Kue Cubit Daun Sirsak Sehat Bergizi yang dicampur dengan ekstrak daun sirsak. Diketahui bahwa daun sirsak mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sama halnya dengan bahan alami lainnya, antioksidan ini dapat melenturkan dan melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan fakta tersebut Emi dan kawan-kawan membuat kue cubit yang notabene disukai oleh semua kalangan masyarakat yang dikombinasikan dengan ekstrak daun sirsak. Sampai dengan saat ini ada beberapa varian topping yang tersedia untuk kue cubit yang 1 porsinya dijual dengan harga 3000 rupiah tersebut, diantaranya topping wijen, coklat, dan keju.

Tim yang dibimbing oleh dr. Sri Winarni, M.Kes. dosen S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP ini mendapatkan dana penelitian dari DIKTI. Kelebihan dari produk pangan ini adalah tidak digunakannya sama sekali bahan pengawet, digunakannya madu sebagai pengganti gula, dan tentu saja tambahan ekstrak daun sirsak yang dapat menurunkan risiko hipertensi. (KUC/Tim PKM Undip)

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : 
https://line.me/ti/p/%40mfz4715g