Arem-Arem Naik Level Dari Tradisional Jadi Pangan Fungsional


SEMARANG (Kampusundip.com) - Selama ini arem-arem yang kita jumpai lebih sering terbuat dari bahan dasar nasi yang didalamnya berisi daging dan sayuran, namun tiga mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang melihat bahwa arem-arem saat ini hanya memiliki efek mengenyangkan saja. Mereka kemudian berinovasi membuat arem-arem naik level menjadi makanan yang memiliki efek lain selain mengenyangkan.

Mereka adalah Ahmad Niam Salim, Aditya Chandra, dan Fath Fadhilah Wardiwira, ketiganya merupakan mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

“Ya awalnya kan memang melihat potensi kandungan yang ada di rumput laut, kemudian kami mencoba mengaplikasikannya ke produk lain, ya arem-arem ini,” kata Ahmad Niam selaku ketua tim.



Menurutnya arem-arem adalah makanan yang sangat mudah dijumpai dan disukai semua lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai dewasa, cara memakannya pun mudah. Oleh karena itu mereka lebih memilih pengaplikasian rumput laut pada arem-arem ketimbang makanan ringan jenis lainnya.

“Harapannya supaya arem-arem yang kami hasilkan memiliki manfaat kesehatan lain, karena kita tahu bahwa rumput laut mengandung banyak zat bioaktif yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya antioksidan yang dapat meredam atau menetralkan radikal bebas, serta menghambat terjadinya oksidasi pada sel tubuh,” ucap Niam.

Produk mereka dijual dengan haga murah, yakni hanya Rp 2500. Namun penjualan selama ini baru dilakukan di lingkungan Kampus Perikanan saja. Hal ini karena mereka memiliki keterbatasan tenaga kerja. Menurut mereka, dalam waktu dekat akan merekrut karyawan agar mampu meningkatkan kapasitas produksi.

“Sehari bisa laku 90-an arem-arem, itupun kami menjualnya tidak tiap hari, sedangkan sekali produksi kami baru mampu menghasilkan 100 buah. Makanya untuk memperluas pemasaran kami perlu meingkatkan kapasitas produksi, caranya ya merekrut karyawan,” Ungkap Chandra selaku bagian Produksi AREMI. (KUC/Fath)

- Ringan Mencerdaskan -
LINE : https://line.me/ti/p/%40mfz4715g