Undip Gelar Sholat Ghoib Untuk Aleppo

Undip Gelar Sholat Ghoib Untuk Aleppo

SEMARANG (Kampusundip.com) – Ratusan mahasiswa dan sejumlah dosen di lingkungan Universitas Diponegoro menggelar sholat ghoib di Masjid Kampus Undip Tembalang untuk para korban perang yang berada di Kota Aleppo, Suriah, Jum’at (13/5).

Sholat ghoib ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Aleppo, khususnya yang menimpa sesama saudara muslim. Shalat ghoib dilakukan usai sholat Jum’at dengan diimami oleh Ustadz Hari Sutarto yang juga bertindak sebagai khotib.

Dalam ceramahnya sebelum sholat digelar, Ustadz Hari mengatakan bahwa tidak ada perintah dalam Islam untuk saling berperang jika terjadi perselisihan, tetapi lebih baik mengalah. Beliau menambahkan bahwa tidak ada keuntungan apapun yang didapat dari peperangan ini. Yang diuntungkan justru adalah mereka yang “bertepuk tangan” yang sengaja mendesain timbulnya peperangan.

“Tidak ada untungnya sama sekali bagi kedua pihak yang berperang. Yang diuntungkan dari perang ini adalah mereka yang bertepuk tangan,” Ujar Ustadz Hari dalam khotbahnya.

Usai sholat, para jama’ah terlihat khusyuk saat dibacakan do’a bagi para korban di Aleppo.

Undip Gelar Sholat Ghoib Untuk Aleppo

Undip Gelar Sholat Ghoib Untuk Aleppo

Sebagaimana diberitakan, Kota Aleppo yang berada di Suriah mengalami kehancuran parah akibat hantaman rudal dan bom secara seporadis akibat perang antara rezim Assad dan pihak oposisi disana. Ironisnya, masyarakat sipil tak bersalah justru yang menjadi korban.

Akibatnya, jutaan orang harus keluar dari kota dan 300 ribu jiwa melayang hanya dalam waktu 2 pekan. Sementara, warga sipil yang masih terjebak di dalam kota mengalami kesulitan dalam mendapatkan makanan, obat-obatan, air bersih dan sebagainya akibat terbatasnya akses bantuan internasional untuk masuk ke dalam kota. (KUC/ACT/Aljazeera)

- Ringan Mencerdaskan -