Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa, PIRC FKM Undip Gelar PHPC

PIRC FKM Undip Gelar PHPC

SEMARANG (Kampusundip.com) – Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Penalaran Ilmiah dan Research Club (PIRC) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM Undip) menggelar Public Health Paper Competition (PHPC) dengan tema “Peran Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan Program SDG’s” (30/4).

Angelia Galuh Ningtyas (19) selaku ketua panita, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menciptakan iklim ilmiah di lingkup FKM, juga meningkatkan kreativitas mahasiswa. PHPC 2016 kali ini diikuti oleh 10 Tim Finalis yang telah diseleksi dari 38 Tim peserta.

Acara yang telah digelar untuk kedua kalinya itu berlangsung pada pukul 08.00 s/d 14.00 WIB. Dengan menghadirkan 2 orang juri dari dosen FKM dan 1 mahasiswa yang telah berkompeten dalam bidang riset, maka terpililhah 3 juara utama yakni Eri Virdasari dan Tim dengan judul “MONSTER (Money Steril) Mesin Pensteril Uang sebagai Pembunuh Kuman dan Bakteri pada Uang untuk Mencegah Terjadinya Penyakit”.

Disusul Juara 2 oleh tim dari Norma Dwi Suryani dengan judul “Optimalisasi Teknologi Biometrik pada E-paspor dengan Penambahan Data Rekam Medis sebagai Alternatif Pencegahan Penyakit Menular Lintas Negara”.

Lalu Juara 3 oleh Dessy Hafidhotul Ilmi beserta tim dengan Paper berjudul “ISIS (Indo-System of Iodium Supply) Aplikasi Penyediaan Iodium Berbasis Kearifan Lokal Daerah Endemis GAKI untuk Menunjang Produktivitas Harga”.

Para pemenang tersebut mendapatkan Sertifikat, Uang Pembinaan, Piala dan sebagai upaya tindak lanjut dari kegiatan tersebut, maka Paper para pemenang akan dimuat di Jurnal mahasiswa FKM.

PIRC FKM Undip Gelar PHPC

PIRC FKM Undip Gelar PHPC

Tri Amelia (19) yang merupakan Finalis PHPC, berpendapat bahwa acara tersebut merupakan gerbang awal sebagai pengenalan riset terhadap mahasiswa PKM.

“Berbicara tentang riset, merupakan suatu minat yang dipaksakan, berbeda dengan minat dan bakat seni yang dijalankan dengan alami dan tanpa paksaan, sebetulnya kegiatan yang mewadahi riset seperti LKTI atau PKM akan sangat berguna ketika nanti akan menghadapi skripsi,”, Imbuhnya. (KUC/Andhika)

- Ringan Mencerdaskan -