Tim PKM Undip Ajarkan Karakter 4C Kepada Siswa SD

Tim PKM Undip Ajarkan Karakter 4C Kepada Siswa SD

SEMARANG (Kampusundip.com) - Pada Sabtu (30/4) telah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar oleh TIM PKM-M Si Pelita Undip di SDN Sendangmulyo 1, dengan melaksanakan KBM di tiga kelas yaitu kelas 4 A, 4 B, dan 4C , tim PKM beserta relawan mengajarkan kepada siswa tentang pengolahan limbah rumah tangga.
Pada pertemuan ini siswa-siswi diajarkan bagaimana cara membuat limbah plastik menjadi SAPELI (Satwa Pelindung Lingkungan) yaitu bros berbentuk kupu-kupu yang difigurkan menjadi superhero dengan kekuatan super dapat melindungi lingkungan. Kegiatan dilakukan untuk menanamkan karakter 4C (conscious, care, creative, cheer) kepada anak, pembuatan superhero ditujukan untuk memberi anak kemudahan dalam memahami metode, dan cara pengolahan.

PKM Undip Ajarkan
Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dimulai dengan pembacaan doa sebelum belajar, lalu siswa mengumpulkan sampah plastik yang telah mereka bawa dari rumah untuk diolah, setelah itu siswa diajarkan membentuk pola kupu-kupu dari sampah plastik dengan teknik melipat. Setelah selesai limbah plastik yang telah menjadi bentuk kupu-kupu diberi tambahan ornamen peniti agar dapat digunakan menjadi bros.
Lalu kegiatan pada hari itu ditutup dengan pemberian pekerjaan rumah untuk anak membuat lukisan tentang superhero yang mereka telah pelajari, selanjutnya bros yang telah dibuat siswa-siswi akan dicoba untuk dijual kepada masyarakat umum agar memberikan pemahaman kepada masyarakat umum dan meningkatkan minat siswa-siswi untuk mengolah limbah. (KUC/Rezki Suryadinata)
- Ringan Mencerdaskan -