Berbagi Pengalaman di Talkshow Scholarship and Student Exchange BEM FPIK Undip

Seminar dan Talkshow BEM FPIK Undip

SEMARANG (Kampusundip.com) – BEM FPIK Universitas Diponegoro (Undip) mempersembahkan Seminar dan Talkshow Scholarship and Student Exchange 2016 bertajuk Get Scholarship and Reach Your Dreams di Auditorium FPIK Sabtu (14/05/2016).
Acara ini terbagi dalam dua sesi yaitu sesi seminar dengan pembicara yang menjadi magnet peserta untuk mengikuti acara ini, pembicara tersebut adalah Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc, Ph.D, selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia dan Muhammad Rofiuddin selaku Awardee of BPI LPDP Scholarship PK-26.

Seminar dan Talkshow BEM FPIK Undip
Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc, Ph.D saat menyampaikan materi di seminar
Prof. Ari, begitu beliau disapa, menyampaikan tentang gambaran pendidikan tinggi di Malaysia yang berkembang sangat pesat melampaui pendidikan tinggi di Indonesia saat ini. Selain itu, beliau juga memberikan motivasi kepada peserta yang notabene mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi di luar negeri, khususnya Malaysia.
Dalam seminar tersebut, Prof. Ari menuturkan bahwa untuk menjadi sukses setelah lulus kuliah tidak hanya diperlukan nilai IPK yang tinggi, namun yang paling penting adalah relationship dan komunikasi yang terjalin antar sesama. Sementara itu, Rofiuddin pada kesempatan ini menjelaskan beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan LPDP dan trik lolos bagi mahasiswa yang akan apply beasiswa LPDP.

Seminar dan Talkshow BEM FPIK Undip
Pemberian sertifikat oleh Dr. Ir. Suryanti, M. Pi, selaku pembina BEM FPIK Undip 2016 kepada Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc, Ph.D
“Banyak info student exchange  serta beasiswa baik dalam dan luar negeri yang belum diketahui oleh mahasiswa. Adanya acara ini diharapkan bisa menjadi pencerahan bagi teman-teman mahasiswa dalam melangkah meraih cita-cita,” jelas Ketua Panitia, Irma Dwi Maulina.
Antusiasme peserta sedikit surut ketika seminar berakhir namun memasuki sesi talkshow peserta sangat bersemangat untuk mengetahui pengalaman peraih beasiswa dalam negeri dan exchange participant (EP). Talkshow tersebut dibawakan oleh Giovany Eveline Wirahana dengan sangat apik. Mahasiswi Ilmu Kelautan itu menanyakan seputar pengalaman pembicara saat mengikuti seleksi hingga menerima beasiswa.

Muhammad Rofiuddin menjawab pertanyaan dari peserta seminar
Pembicara di sesi talkshow kali ini yaitu Angga Fauzan, Exchange Participant at AIESEC Foreign Trade University, Vietnam, Noval Kurniawan, Penerima Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation, dan Syaroful Azka, Penerima Beasiswa Djarum.
Angga Fauzan menjadi pusat perhatian semua peserta yang masih setia mengikuti rangkaian acara tersebut. Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ITB yang sebentar lagi akan menyelesaikan masa studinya itu memiliki mimpi yang berbeda, meski dia seorang penerima beasiswa Bidikmisi namun dia mampu membuktikan kalau untuk menjadi EP tidak harus dari kalangan berada. Mimpi untuk keluar negeri minimal lima kali selama kuliah bukanlah hal yang tidak mungkin baginya.
“Saya punya mimpi ketika saya kuliah di ITB, saya tulis di kertas minimal lima kali keluar negeri selama kuliah dan saya tempel di kamar saya,” ungkap mahasiswa asal Boyolali tersebut. Hal tersebut berani dilakukan karena menurut Angga yang paling penting adalah percaya diri.
Salah satu peserta seminar dan talkshow, Yoga Ananto, mahasiswa jurusan Perikanan angkatan 2015 memberikan stathment-nya setelah acara selesai. Menurutnya acara ini sangat menarik dan menginspirasi karena jarang sekali dalam acara seminar beasiswa di tingkat universitas menghadirkan seorang Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia sebagai pembicaranya. (KUC/Deka)
- Ringan Mencerdaskan -